visitaaponce.com

Arab Saudi Dorong Gencatan Senjata dan Bantu Warga Gaza

Arab Saudi Dorong Gencatan Senjata dan Bantu Warga Gaza
Duta Besar Kerajaan Arab Saudi untuk Indonesia, Faisal Abdullah Al Amudi.(Metro TV)

KERAJAAN Arab Saudi mengungkapkan komitmen mendorong perdamaian di Jalur Gaza, Palestina. Termasuk pula meringankan beban penduduk yang telah dijajah 75 tahun lamanya oleh Israel itu dengan menggelontorkan bantuan kemanusiaan. 

"Kami terus mengupayakan gencatan senjata dan juga memberikan jalan bagi penyaluran bantuan kemanusiaan ke Jalur Gaza. Ini bertujuan untuk bisa membantu masyarakat Gaza," kata Duta Besar Kerajaan Arab Saudi untuk Indonesia Faisal Abdullah Al Amudi saat memberikan keterangan resmi di Kedutaan Besar Kerajaan Arab Saudi, Jakarta, Kamis (21/12).

Menurut dia, komitmen Kerajaan Arab Saudi sangat kuat untuk penduduk Palestina. Warga sipil harus mendapatkan hak-hak mereka khususnya tidak menjadi target dalam perang yang telah terjadi sejak 7 Oktober itu. 

Baca juga : Dukungan untuk Partai Netanyahu Merosot Tajam

"Kami juga menolak keras tindakan tersebut yang mengakibatkan hancurnya infrastruktur yang menyebabkan tidak adanya pelayanan publik di Gaza," ujarnya. 

Baca juga : Israel Kosongkan Paksa Gaza Ketika Dunia Serukan Gencatan Senjata

Gencatan senjata, kata dia, merupakan solusi jangka pendek untuk menumbuhkan perdamaian di Palestina. Pihaknya dengan berbagai macam pihak dan organisasi-organisasi internasional mencegah peningkatan eskalasi.

Selain itu, dia mengatakan negaranya telah mengirimkan sejumlah bantuan kemanusiaan untuk penduduk Palestina di Jalur Gaza yang mencapai 500 juta riyal Saudi atau sekitar Rp2 triliun. Nilai itu mencakup tiga kapal bantuan yang mengangkut 401 kontainer. 

Sebanyak 289 kontainer di antaranya barang-barang berkaitan dengan kebutuhan medis dan sisanya makanan dan tenda. Arab Saudi juga telah mengirimkan 604 ton bantuan yang diangkut 27 penerbangan berikut 18 ambulans.

"Kerajaan Arab Saudi terus melakukan upaya baik secara kemanusiaan dan juga secara politik. Dan menyerukan masyarakat internasional untuk bertanggung jawab bersama-sama atas peristiwa yang terjadi di Gaza, terutama Israel dan Hamas," pungkasnya. (Z-8)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat