visitaaponce.com

Rusia Rebut Maryinka di Timur Ukraina

Rusia Rebut Maryinka di Timur Ukraina
Presiden Rusia Vladimir Putin.(AFP/PAVEL GOLOVKIN)

RUSIA mengumumkan pasukannya kini sepenuhnya menguasai Maryinka, kota yang berada di timur Ukraina. Presiden Vladimir Putin memuji pencapaian tersebut sebagai sebuah kesuksesan.

Penguasaan ini dapat menghalau serangan Ukraina terhadap kota terdekat yang dikuasai Rusia, Donetsk. Namun klaim Rusia ini dibantah oleh Ukraina.

“Unit penyerangan kami hari ini telah sepenuhnya membebaskan pemukiman Maryinka,” kata Menteri Pertahanan Sergei Shoigu kepada Putin dalam pertemuan yang ditayangkan di televisi pemerintah.

Baca juga: AS Ungkap Keprihatinan Mendalam Terkait Keberadaan Alexei Navalny yang Hilang

Tumpukan puing-puing dan bangunan apartemen yang hancur di area yang luas dapat dilihat dalam gambar drone yang ditayangkan di televisi Rusia yang dikatakan sebagai gambar Maryinka.

“Ini adalah keberhasilan yang memberi pasukan Rusia kesempatan untuk pindah ke wilayah operasional yang lebih luas," kata Putin kepada Shoigu.

Shoigu mengatakan kendali atas Maryinka akan memungkinkan tentaranya untuk bergerak lebih jauh ke arah ini dan memungkinkan untuk melindungi Donetsk secara lebih efektif dari serangan pasukan Ukraina.

Namun Juru Bicara Militer Ukraina Oleksandr Shtupun mengatakan tidak benar jika mengklaim bahwa Maryinka sepenuhnya dikendalikan oleh pasukan Rusia.

Baca juga: Abbas Minta Putin Hentikan Agresi Israel

“Pertempuran untuk Maryinka terus berlanjut. Kota ini hancur total,” katanya, seraya menambahkan bahwa masih ada tentara Ukraina di perbatasan distrik Maryinka.

Klaim tersebut tidak dapat diverifikasi secara independen. Serangan balasan pasukan Ukraina yang dimulai pada Juni di sepanjang garis depan di selatan dan timur negara itu sebagian besar telah mereda dan hanya sedikit yang berhasil.

Pasukan Rusia telah meningkatkan tekanan dalam beberapa pekan terakhir. (AFP/Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat