visitaaponce.com

Gempa di Ishikawa Akibat Pergerakan Sesar di Semenanjung Noto

Gempa di Ishikawa Akibat Pergerakan Sesar di Semenanjung Noto
Gempa berkekuatan 7,6 skala Richter tersebut disebabkan sesar terbalik.(AFP)

PATAHAN yang memicu gempa bumi 7,6 skala Richter di Jepang pada Senin (1/1), membentang sekitar 150 kilometer di bawah Semenanjung Noto. Aktivitas seismik terkait kemungkinan akan terus berlanjut untuk sementara waktu.

Pada akhir pertemuannya di Tokyo pada Selasa (2/1), panel sejumlah ahli geologi Jepang mengatakan mereka yakin gempa berkekuatan 7,6 skala Richter tersebut disebabkan oleh sesar terbalik. Gerakan terjadi ketika dinding atas sesar bergeser ke atas menjauhi footwall.

"Area aktivitas tektonik telah meluas di dalam dan sekitar wilayah tersebut dan penduduk harus tetap waspada terhadap gempa lebih lanjut yang mencatat tingkat tertinggi 7 pada skala intensitas seismik Jepang," kata pernyataan panel tersebut.

Baca juga: 55 Orang Tewas Akibat Gempa Jepang 

Para ahli juga menilai aktivitas seismik kuat telah terdeteksi di wilayah utara semenanjung, yang terletak di Prefektur Ishikawa di pesisir Laut Jepang, sejak Desember 2020. Wilayah tersebut sempat dilanda gempa berkekuatan 5,4 skala Richter pada Juni 2022 dan satu gempa berkekuatan 6,5 skala Richter pada Mei 2023.

Gempa berkekuatan 7,6 skala Richter dan 7 skala intensitas seismik Jepang di kota prefektur Shika pada Senin (1/1) sore, dan semenanjung serta sekitarnya telah mengalami gempa susulan yang kuat, termasuk gempa berkekuatan 5 skala Richter.

Baca juga: 114 WNI di Jepang Mengungsi di Tempat Perlindungan Pascagempa Bumi

Naoshi Hirata, Profesor Emeritus di Universitas Tokyo yang memimpin panel tersebut, mengatakan bahwa gempa terbaru ini diyakini sebagai bagian dari aktivitas seismik yang sedang berlangsung, namun saat ini belum diketahui secara pasti bagian patahan mana yang bergerak. (Kyodo/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat