visitaaponce.com

Belgia Mendukung Langkah Afrika Selatan Gugat Israel di ICJ

Belgia Mendukung Langkah Afrika Selatan Gugat Israel di ICJ
Wakil Perdana Menteri Belgia Petra De Sutter mendukung Afrika Selatan (Afsel) yang mengugat Israel di Mahkamah Internasional(AFP)

WAKIL Perdana Menteri Belgia Petra De Sutter menyatakan dukungannya terhadap langkah hukum Afrika Selatan (Afsel) yang mengugat Israel di Mahkamah Internasional (ICJ). Itu terkait dugaan genosida Israel di Jalur Gaza.

"Belgia tidak bisa tinggal diam dalam menghadapi ancaman genosida di Gaza. Kita harus mengambil tindakan melawan ancaman genosida,” tulisnya di X.

Selain mendukung Afsel, dirinya juga mendorong pemerintah Belgia mengambil tindakan serupa di ICJ. Dia mengaku akan mengusulkan hal ini di dalam pemerintahan Belgia.

Baca juga: Pasukan Internasional Respon Laporan Drone di Laut Merah

De Sutter sebelumnya telah menegaskan sudah waktunya untuk memboikot kebiadaban Israel di Jalur Gaza. Pengeboman seperti hujan adalah tindakan yang tidak manusiawi. "Jelas bahwa Israel mengabaikan seruan internasional untuk melakukan gencatan senjata," tegasnya.

Mengekspresikan keprihatinan atas kematian anak-anak di Gaza setiap hari, dia mendesak pemerintah Belgia untuk menerapkan sanksi perdagangan terhadap Israel.

Baca juga: Saat Palestina Dijajah, Blinken Bahas Normalisasi Israel dengan Saudi

Afsel mengajukan gugatan pada 29 Desember dengan mengklaim bahwa Israel melanggar Konvensi PBB tahun 1948 tentang Pencegahan dan Penghukuman kejahatan genosida dengan tindakannya di Gaza sejak tanggal 7 Oktober.

Sidang kasus ini akan berlangsung di Den Haag, Belanda, akhir pekan ini. Turki, Bolivia, dan Malaysia telah memberikan isyarat dukungan terhadap kasus ini. (Anadolu/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat