visitaaponce.com

Euro 2024 Belgia dalam Bayang-Bayang Tersingkir Lebih Awal

Euro 2024: Belgia dalam Bayang-Bayang Tersingkir Lebih Awal
Belgia(Dok.UEFA)

NYAWA Belgia di Euro 2024 dalam tanda bahaya. Skuad asuhan Domenico Tedesco terancam tersingkir lebih cepat jika tak mampu meraih kemenangan pada laga kedua Grup E menghadapi Rumania.

Belgia berhadapan dengan Rumania di Stadion Rhein Energie, Koln, Minggu (23/6) dini hari, hanya dengan satu misi yaitu kemenangan. Jika gagal meraup poin penuh, mereka terancam tersingkir lebih awal sekaligus membuyarkan generasi emas yang digadang-gadangkan selama ini.

Generasi emas Belgia kehilangan kecemerlangan sejak tersingkir di babak penyisihan grup Piala Dunia 2022. Tim berjuluk Setan Merah itu juga tersingkir di perempat final dalam dua edisi terakhir Euro setelah sempat finis ketiga di Piala Dunia 2018 sebagai pencapaian tertinggi mereka.

Baca juga : Domenico Tedesco Tolak Salahkan Wasit dan Pemain Pascakekalah Belgia di Laga Euro 2024

Di atas kertas, Belgia sejatinya lebih favorit ketimbang Rumania. Namun, kekalahan mengejutkan 0-1 dari Slovakia di pertandingan pembuka Grup E menjadi koreksi besar bagi ambisi Belgia.

Tim asuhan Domenico Tedesco akan berada di ambang eliminasi jika mereka menderita kekalahan kedua berturut-turut. Sebab itu, mereka bertekad untuk bangkit dan menyemai optimisme.

"Kami masih menjadi penentu nasib kami sendiri dalam hal lolos ke babak berikutnya, kami masih memiliki masalah sendiri. Menurut saya, kami masih tim terbaik di grup. Itu bukan awal yang kami bayangkan atau harapkan, tapi kami harus berusaha untuk tetap positif dan tidak terlalu dramatis," kata bek Belgia, Jan Vertonghen dilansir UEFA.

Baca juga : Domenico Tedesco Pastikan Timnas Belgia Andalkan Kevin De Bruyne Kontra Slovakia di Laga Euro 2024

Secara matematis, Belgia tidak akan bisa finis di dua besar jika mereka kalah dari Rumania dan Ukraina pada laga lainnya tidak mampu mengalahkan Slovakia. Andai skenario tersebut terjadi, asa Belgia untuk lolos sebagai salah satu dari empat tim peringkat ketiga terbaik juga sangat tipis.

Dari ruang ganti Belgia, pesan yang dikumandangkan Tedesco kepada para pemain untuk tetap tenang dan terus melanjutkan kerja keras. Tedesco dan para pemainnya melakukan evaluasi. Di laga melawan Rumania, Tedesco menekankan tidak boleh ada ruang sekecil apa pun untuk kesalahan.

Termasuk di lini depan harus efektif mengonversi peluang menjadi gol. Pasalnya, di laga pertama mereka banyak membuang peluang matang.

Baca juga : Turki Vs Portugal: Berebut Tiket 16 Besar Euro 2024 Lebih Cepat

Sementara itu, kemenangan tak terduga Slovakia atas Ukraina 3-0 pada laga pertama membuka lebar jalan untuk menyemai impian lolos ke babak berikutnya. Meski sebelumnya tak diunggulkan, Rumania menampilkan kejutan.

Di pusat pelatihan Rumania di Wurzburg, euforia cepat-cepat diredakan agar mereka tak terlena. Sang pelatih Edward Iordanescu fokus mematangkan taktik serangan balik dan menekan lawan ke depan yang akan menjadi inti rencana permainan Rumania.

"Kami sudah memiliki poin, kami berada di atas gelombang (euforia) ini. Pemain kami semua adalah pemain bagus, pemain yang mampu memecahkan sesuatu. Kami bisa melakukannya lagi," kata Iordanescu. (Dhk/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat