visitaaponce.com

Pemberontak Houthi Kembali Dikategorikan sebagai Teroris oleh Amerika Serikat

Pemberontak Houthi Kembali Dikategorikan sebagai 'Teroris' oleh Amerika Serikat
AS mengumumkan kembali penempatan kelompok Huthi di Yaman ke dalam daftar entitas teroris.(AFP)

AMERIKA Serikat (AS) mengumumkan akan memasukkan kembali kelompok Houthi di Yaman ke dalam daftar entitas teroris. Namun pengumuman tersebut tidak mencegah pemberontak yang didukung Iran. Sebagai respons, Houthi mengklaim telah menyerang kapal Amerika.

Houthi telah menghadapi serangkaian serangan udara sebagai respons terhadap penargetan kapal dagang di Laut Merah, dan setelah pengumuman tersebut, mereka bersumpah akan terus melancarkan serangan yang mereka klaim sebagai dukungan untuk Palestina di Gaza, di mana Israel sedang berperang melawan kelompok militan Hamas.

"Sekretaris Negara Antony Blinken mengumumkan hari ini pengkategorian Ansarallah, yang biasa disebut sebagai Houthi, sebagai kelompok Teroris Global yang Khusus Ditentukan, efektif 30 hari dari sekarang," kata Blinken dalam sebuah pernyataan.

Baca juga: 3 Perusahaan Jepang Hentikan Pelayaran di Laut Merah

"Houthi harus bertanggung jawab atas tindakan mereka, namun hal itu tidak boleh terjadi atas biaya warga sipil Yaman," katanya.

"Selama penundaan pelaksanaan selama 30 hari, pemerintah AS akan melakukan pendekatan yang kuat kepada pemangku kepentingan, penyedia bantuan, dan mitra yang sangat penting untuk memfasilitasi bantuan kemanusiaan dan impor komoditas penting secara komersial di Yaman," tambah Blinken.

Baca juga: Laut Merah Buat Pasar Saham Dunia Memerah

Penasehat Keamanan Nasional AS, Jake Sullivan, mengatakan bahwa pengkategorian ini "adalah alat penting untuk menghambat pendanaan teroris kepada Houthi, lebih lanjut membatasi akses mereka ke pasar keuangan, dan menuntut pertanggungjawaban atas tindakan mereka."

"Jika Houthi menghentikan serangan mereka di Laut Merah dan Teluk Aden, Amerika Serikat akan segera meninjau kembali pengkategorian ini," kata Sullivan dalam sebuah pernyataan.

Namun, Huthi menyatakan bahwa mereka tidak akan menghentikan serangan mereka. "Kami tidak akan menghentikan penargetan kapal Israel atau kapal yang menuju ke pelabuhan di Palestina yang diduduki... mendukung rakyat Palestina," kata juru bicara kelompok tersebut, Mohammed Abdelsalam, kepada Al Jazeera TV, menambahkan bahwa mereka akan merespons serangan baru oleh Amerika Serikat atau Inggris.

Tekanan militer dan diplomatik

Meskipun Houthi mengklaim telah menyerang kapal yang terkait dengan Israel, Washington mengatakan puluhan negara memiliki hubungan dengan kapal yang telah menjadi target.

Juru bicara militer Huthi, Yahya Saree mengatakan dalam pernyataan televisi pemberontak tersebut menargetkan sebuah kapal AS bernama Genco Picardy di Teluk Aden dengan "sejumlah misil yang sesuai."

Sebuah agensi keamanan maritim Inggris mengatakan sebuah drone menyerang sebuah kapal di lepas pantai Yaman, namun tidak jelas apakah itu merujuk pada insiden yang sama.

Pengkategorian "teroris" ini merupakan bagian dari strategi Washington untuk memberikan tekanan pada Houthi, yang juga mencakup tindakan militer terhadap mereka, dan pembentukan koalisi internasional untuk membantu melindungi pengiriman dari serangan pemberontak tersebut.

Pada Selasa, militer AS mengatakan telah menghancurkan empat rudal anti-kapal di Yaman yang merupakan ancaman mendesak bagi kapal militer dan sipil.

Amerika Serikat dan Inggris menargetkan hampir 30 lokasi di Yaman dengan lebih dari 150 amunisi minggu lalu, sementara pasukan Amerika kemudian menyerang sebuah situs radar Houthi dalam apa yang dijelaskan sebagai "tindakan lanjutan" terkait dengan serangan sebelumnya.

Pada 2021, administrasi Presiden AS Joe Biden mencabut pengkategorian Houthi sebagai organisasi teroris asing dan kelompok teroris global yang ditentukan khusus oleh pendahulunya Donald Trump pada menit terakhir.

Pencabutan tersebut dilakukan sebagai respons terhadap kekhawatiran dari kelompok bantuan mereka akan perlu meninggalkan Yaman karena mereka diwajibkan berurusan dengan pemberontak, yang secara efektif mengendalikan pemerintahan di wilayah-wilayah luas termasuk ibu kota Sanaa.

"Amerika Serikat memutuskan untuk menggunakan pengkategorian teroris global yang ditentukan khusus ini sekarang karena itu memberikan fleksibilitas yang lebih baik untuk mencapai tujuan kami dalam hal memahami dan melindungi bantuan kemanusiaan, serta kesejahteraan lebih luas dari masyarakat Yaman," kata pejabat senior administrasi. (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat