visitaaponce.com

Tulisan Tertua di Denmark Ditemukan pada Pisau Berusia 2000 Tahun

Tulisan Tertua di Denmark Ditemukan pada Pisau Berusia 2000 Tahun
Serpihan pisau kecil bertuliskan huruf rahasia berusia hampir 2000 tahun(Dok: Museum Odense)

Para arkeolog di Denmark menemukan pisau kecil bertuliskan huruf rahasia berusia hampir 2000 tahun. Museum Odense mengungkapkan huruf rahasia, yang disebut rune itu adalah alfabet tertua yang dikenal di Skandinavia. Huruf ini digunakan sejak abad pertama atau kedua M di Eropa utara hingga digantikan oleh alfabet Latin di tengah era kristenisasi pada abad ke-10

“Pisau itu sendiri tidaklah luar biasa namun pada bilahnya terdapat lima rune – yang memang luar biasa – namun usia dari rune tersebut bahkan lebih luar biasa lagi karena sebenarnya rune tersebut adalah yang tertua yang kita miliki dari Denmark,” kata arkeolog Jakob Bonde kepada  AFP, Selasa (23/1). “Kami belum punya tulisan apa pun sebelum ini,” katanya.

Berasal dari sekitar 150 tahun M, pisau besi itu ditemukan di sebuah kuburan di pemakaman kecil di sebelah timur Odense, di Denmark tengah. Lima huruf rahasia tersebut mengeja kata "hirila", yang dalam bahasa Proto-Norse yang digunakan pada saat itu berarti "pedang kecil".

Prasasti tersebut, kata Bone, merupakan catatan dari masa lalu. “Ini memberi kita kesempatan untuk melihat lebih jauh bagaimana bahasa tertua di Skandinavia berkembang… (dan) bagaimana orang berinteraksi satu sama lain.” kata Bonde. "Orang yang memilikinya ingin menunjukkan bahwa dia adalah, atau ingin menjadi, semacam pejuang," ujarnya lagi.

Jejak pertama pemukiman manusia di tempat yang sekarang disebut Denmark berasal dari Zaman Batu, sekitar 4.000 SM, namun tidak ada jejak tulisan apa pun sebelum Zaman Besi Romawi (0 hingga 400 M).

Sebuah sisir kecil yang terbuat dari tulang ditemukan pada tahun 1865 dan bertuliskan rune, berasal dari periode yang sama dengan pisau tersebut, kata Bonde. "Ketika tulisan pertama kali muncul di Skandinavia, itu hanya berupa prasasti kecil, terutama pada benda. Kami tidak punya buku, misalnya, atau prasasti yang lebih besar.”

Runestone paling terkenal di Denmark, yang didirikan pada abad ke-10 di kota Jelling, memiliki prasasti yang lebih panjang. Sangat diidentifikasikan dengan pembentukan Denmark sebagai negara bangsa, mereka dibesarkan oleh Harald Bluetooth, untuk menghormati orang tuanya Raja Gorm dan Ratu Thyra. (AFP/M-3)

 


Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Adiyanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat