visitaaponce.com

Indonesia Desak Eropa Konsistensi Dukung Palestina

Indonesia Desak Eropa Konsistensi Dukung Palestina
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi saat berbicara di pertemuan EU Indo-Pacific Ministerial Forum yang ke-3(X @Menlu_RI)

MENTERI Luar Negeri Retno Marsudi meminta konsistensi negara-negara Uni Eropa (UE) dalam menjunjung hukum internasional dan humaniter. Khususnya dengan mendorong perdamaian dan kemerdekaan Palestina.

"Sebagai pendukung hukum internasional, UE harus konsisten dalam isu Palestina karena konsistensi antara nilai dan perbuatan menunjukkan moralitas kita yang sesungguhnya," kata Retno dalam keterangan resmi terkait kunjungan kerja ke Brussel, Belgia, untuk menghadiri pertemuan EU Indo-Pacific Ministerial Forum yang ke-3, Sabtu (3/2).

Ia mengatakan Indonesia tidak akan tinggal diam dan akan terus membantu perjuangan bangsa Palestina mendapatkan haknya apa pun tantangan yang harus dihadapi. Dia menyerukan kepada UE untuk menggunakan nurani untuk menghentikan kekejaman di Palestina.

Baca juga : ASEAN Dukung Kemerdekaan Palestina

ASEAN dan UE, lanjut dia, harus berada di garda depan dalam menjaga konsistensi menghormati hukum internasional guna mencegah yang kuat yang berkuasa. 

"Hal ini termasuk di dalam isu Palestina setelah selama lebih dari tujuh dekade bangsa Palestina terus menghadapi ketidakadilan," tegasnya.

Dia juga menekankan bahwa kerja sama di Indo-Pasifik harus inklusif, konkret, dan berpegang teguh pada hukum internasional dan paradigma kolaborasi. Prinsip-prinsip itu tertuang di ASEAN Outlook on the Indo-Pacific (AOIP) sebagai panduan ASEAN dalam menavigasi dinamika di kawasan dan berinteraksi dengan mitranya dari luar kawasan. (Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat