visitaaponce.com

Yunani Melegalkan Pernikahan Sejenis dan Adopsi

Yunani Melegalkan Pernikahan Sejenis dan Adopsi
Parlemen Yunani mengesahkan undang-undang yang melegalkan pernikahan sejenis dan adopsi, namun ditentang Gereja Ortodoks(Freepik)

PARLEMEN Yunani pada Kamis dengan suara yang sangat mendukung mengesahkan undang-undang yang melegalkan pernikahan sejenis dan adopsi. Sebuah reformasi bersejarah yang dipromosikan pemerintah konservatif, meskipun adanya penentangan dari Gereja Ortodoks yang kuat.

Setelah undang-undang ini diumumkan, Yunani akan menjadi negara ke-37 di dunia dan negara Ortodoks Kristen pertama yang melegalkan adopsi oleh keluarga sejenis.

Undang-undang ini, yang didukung partai New Democracy Perdana Menteri Kyriakos Mitsotakis, disetujui dengan 176 suara dari 245 anggota parlemen yang hadir setelah dua hari perdebatan.

Baca juga : Pater Otto Harap Pastor Katolik Bisa Berkati Pernikahan LGBT

"Ini merupakan tonggak bagi hak asasi manusia, mencerminkan Yunani saat ini - sebagai negara yang progresif, demokratis, dengan komitmen kuat pada nilai-nilai Eropa," kata Mitsotakis di platform X, sebelumnya Twitter.

Ketika hasilnya diumumkan, puluhan orang yang melambaikan bendera pelangi merayakan di depan gedung parlemen di pusat Athena.

Meskipun diperkirakan puluhan legislator partai penguasa New Democracy akan menentang undang-undang ini, dukungan dari partai oposisi membuatnya pasti akan lolos.

Baca juga : Vatikan Izinkan Pemberkatan Pasangan Sesama Jenis, Dengan Catatan

Mitsotakis, yang secara pribadi memimpin usaha undang-undang ini, telah mendorong para legislator untuk berani menghapus ketidaksetaraan serius dalam demokrasi Yunani yang telah membuat keluarga sejenis tidak terlihat.

"Reformasi ini akan signifikan meningkatkan kehidupan sejumlah warga negara kita, tanpa mengurangi apapun dari kehidupan banyak orang," tambahnya.

Suara ini disambut baik sebagai sejarah oleh asosiasi LGBTQ yang mengatakan keluarga sejenis menghadapi tantangan administratif yang diskriminatif berdasarkan hukum keluarga saat ini.

Baca juga : Ratusan Pemuda Gereja Bala Keselamatan Ikuti Tomnas 2023

Ketika anak-anak mereka sakit di Yunani, orangtua non-biologis saat ini tidak memiliki hak untuk memutuskan prosedur medis yang diperlukan untuk mereka.

Anak-anak juga tidak secara otomatis mewarisi dari orangtua non-biologis mereka.

Jika seorang anak memiliki dua ayah, mereka hanya dapat terdaftar di kantor catatan sipil dan dilindungi oleh layanan sosial dengan memasukkan nama ibu biologis.

Baca juga : Senat AS Loloskan RUU Pernikahan Sesama Jenis

Jika orangtua biologis meninggal, negara dapat mengambil anak-anak dari orangtua lainnya.

Gereja Menentang Sepenuhnya

Puluhan anggota partai konservatif New Democracy yang berjumlah 158 diharapkan akan menentang atau abstain terhadap undang-undang ini.

Namun, dukungan dari partai oposisi utama Syriza - pemimpinnya, Stefanos Kasselakis, adalah seorang gay - partai sosialis Pasok, dan partai-partai kecil lainnya, membuat kekalahan hampir tidak mungkin.

Baca juga : Ratusan Pengurus Gereja Jerman Mengaku LGBT Tuntut Penerimaan

Sebuah mayoritas sederhana dalam pemungutan suara parlemen yang beranggotakan 300 orang diperlukan untuk lolosnya undang-undang ini.

Gereja Yunani - yang memiliki hubungan dekat dengan banyak anggota parlemen pemerintah - mengatakan bahwa mereka "sepenuhnya menentang" reformasi ini, dengan alasan bahwa ini "menghukum" anak-anak untuk tumbuh dalam "lingkungan kebingungan".

Uskup Agung Ieronymos, kepala gereja, mengecam undang-undang yang diusulkan sebagai bagian dari upaya untuk menerapkan "realitas baru yang hanya bertujuan untuk merusak kohesi sosial tanah air".

Baca juga : Vatikan tidak Dapat Restui Pernikahan Sesama Jenis

Sebanyak 4.000 orang melakukan demonstrasi di Athena menentang langkah ini pada hari Minggu, banyak dari mereka membawa ikon keagamaan dan salib.

"Dikatakan Yunani tertinggal 30 tahun (dari dunia lain). Dalam kasus seperti ini, syukurlah Yunani tertinggal," kata juru bicara parlemen untuk partai sayap kanan keras Niki pada hari Rabu selama debat dua hari.

Kasselakis, yang menikahi pasangannya dalam sebuah upacara di AS pada bulan Oktober, telah menjadi korban hinaan homofobik, terutama dari seorang wali kota di Yunani tengah dan seorang gubernur kelompok pulau.

Baca juga : Satu Tewas dan 53 Lainnya Luka Usai Balkon Gereja di Filipina Roboh

Mitsotakis berhati-hati untuk menekankan bulan lalu bahwa perubahan ini akan bermanfaat hanya bagi "beberapa anak dan pasangan".

Pemimpin konservatif yang nyaman memenangkan kembali pemilihan pada bulan Juni ini, telah berjanji untuk melaksanakan reformasi ini selama masa jabatan keempatnya.

Dia mengumumkannya pada bulan Januari, hanya beberapa hari setelah Kasselakis mengatakan bahwa Syriza akan mengajukan proposal mereka sendiri untuk kesetaraan dalam pernikahan.

Baca juga : 2 Terluka dalam Penembakan di Gereja Megabesar Pastor Terkenal di Texas

Hari Kebahagiaan

Keluarga LGBTQ Yunani, yang tetap rendah profil sejak reformasi ini diumumkan bulan lalu, meminta pertemuan perayaan di Athena pada hari Kamis.

"Ini adalah hari kebahagiaan," kata Rainbow Families Greece, sebuah LSM yang membantu keluarga LGBTQ, di Facebook.

Pasangan sejenis masih tidak akan dapat menggunakan reproduksi berbantuan atau ibu pengganti, prosedur yang dipesan untuk wanita la

Baca juga : Mandy Moore Berbagi Pengalaman Pernikahan dan Perpisahan yang Menyakitkan

jang atau pasangan heteroseksual yang mengalami kesulitan hamil.

Yunani telah dihukum karena diskriminasi anti-gay oleh Mahkamah Eropa Hak Asasi Manusia pada 2013, setelah pasangan sejenis dikecualikan dari perkawinan sipil tahun 2008.

Survei pendapat menunjukkan sebagian besar warga Yunani mendukung pernikahan sejenis tetapi menentang ibu pengganti.

Baca juga : Pemimpin Aliran Sesat di Kenya Didakwa Bunuh 191 Anak

Berdasarkan konstitusi Yunani, orangtua tunggal, tanpa memandang jenis kelamin, telah diizinkan untuk mengadopsi sejak 1946 - tetapi hingga saat ini, pasangan kedua dalam persatuan sejenis dikesampingkan dari proses ini.

Di bawah pemerintahan sebelumnya Syriza, Yunani tahun 2015 melegalkan pernikahan sipil bagi pasangan sejenis, menjadi salah satu negara terakhir di Uni Eropa yang melakukannya.

Undang-undang tersebut telah menyelesaikan masalah properti dan warisan tetapi tidak memberikan ketentuan untuk adopsi anak. (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat