visitaaponce.com

Houthi Berhasil Serang Kapal Israel

Houthi Berhasil Serang Kapal Israel
Juru bicara militer Houthi Yahya Sarea menyatakan pihaknya berhasil menyerang kapal Israel MSC SKY di Laut Arab, Senin (4/3).(media sosial X)

JURU bicara militer Houthi Yahya Sarea menyatakan pihaknya berhasil menyerang kapal Israel MSC SKY di Laut Arab, Senin (4/3). Serangan ini menjadi yang terbaru sejak kelompok tersebut mendesakn Israel menghentikan kebiadabannya di Gaza.

Militan Houthi telah berulang kali meluncurkan drone dan rudal terhadap pelayaran komersial internasional sejak pertengahan November. Houthi mendasarkan aksinya ini sebagai solidaritas terhadap warga Palestina.

Serangan mereka di Laut Merah telah mengganggu pelayaran global, memaksa perusahaan-perusahaan untuk melakukan perjalanan yang lebih lama dan lebih mahal di sekitar Afrika bagian selatan, dan memicu kekhawatiran bahwa perang Israel-Hamas dapat menyebar dan mengganggu stabilitas Timur Tengah yang lebih luas.

Baca juga : Kapal Dagang Dilanda Rudal di Dekat Pantai Yaman

“Angkatan laut Angkatan Bersenjata Yaman melakukan operasi penargetan terhadap kapal Israel MSC SKY di Laut Arab dengan sejumlah rudal angkatan laut yang sesuai, dan serangannya akurat dan langsung,” kata Sarea dalam pidato yang disiarkan televisi Yaman.

Sarea mengatakan insiden itu terjadi beberapa jam setelah operasi terpisah oleh kelompok Houthi Yaman yang menargetkan sejumlah kapal perang Amerika Serikat (AS) di Laut Merah.

Melalui dua operasi ini, katanya, Houthi menegaskan kemampuan untuk menargetkan kapal perang dan non-kapal perang secara bersamaan. Ia juga bersumpah untuk melanjutkan serangan terhadap kapal-kapal yang melewati Yaman sampai serangan Israel terhadap Gaza dihentikan.

AS dan Inggris mulai menyerang sasaran Houthi di Yaman pada bulan Januari sebagai pembalasan atas serangan terhadap kapal-kapal Laut Merah. (CNA/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat