visitaaponce.com

Lagi, Israel Tembaki Warga Gaza yang sedang Menanti Bantuan

Lagi, Israel Tembaki Warga Gaza yang sedang Menanti Bantuan
Seorang wanita memeluk seorang anak saat mereka berduka atas kematian kerabat mereka oleh tentara Israel( AFP)

Tentara Israel kembali diduga menyerang warga Gaza ketika mereka sedang menunggu bantuan. Sedikitnya 20 orang dilaporkan tewas pada insiden yang terjadi pada Jumat (15/3). Insiden serupa terjadi beberapa hari sebelumnya yang menewaskan ratusan orang.

Seorang jurnalis AFP di lokasi kejadian melihat beberapa mayat dan orang yang tertembak. Militer Israel membantah telah melepaskan tembakan ke arah massa.

“Laporan pers bahwa pasukan Israel menyerang puluhan warga Gaza di titik distribusi bantuan adalah salah,” kata militer Israel dalam sebuah pernyataan singkat.

Baca juga : 9 Warga Palestina Tewas Dibom Israel saat Kumpulkan Bantuan Kemanusiaan

Kementerian Kesehatan di Gaza menuduh pasukan Israel melepaskan tembakan dari tank dan helikopter ketika warga Palestina berkumpul di sebuah bundaran di Kota Gaza di utara.

Direktur Layanan Darurat di sebuah rumah sakit di Gaza utara Mohammed Ghurab mengatakan ada tembakan langsung oleh pasukan pendudukan terhadap orang-orang yang menunggu truk makanan.

Keadaan darurat kemanusiaan telah memaksa beberapa negara untuk menggunakan jalur udara dan laut untuk pasokan bantuan karena terbatasnya akses darat ke Gaza melalui Yordania, Israel, dan Mesir.

Kapal bantuan Spanyol Open Arms, yang menmbawa sekitar 200 ton makanan yang dipasok oleh LSM AS World Central Kitchen (WCK), berada sekitar 30 kilometer dari Gaza, menurut situs web MarineTraffic, setelah meninggalkan Siprus tiga hari sebelumnya.

Sebuah tim kemanusiaan di Gaza telah membangun dermaga terapung dimana kargo yang ditujukan untuk orang-orang di Gaza utara dapat diturunkan. Pimpinan WCK Erin Gore mengatakan mereka berharap dapat mengirimkan sekitar 300 ribu makanan sesegera mungkin.(AFP/M-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Adiyanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat