visitaaponce.com

Akhirnya Dewan Keamanan PBB Tuntut Gencatan Senjata di Gaza

Akhirnya Dewan Keamanan PBB Tuntut Gencatan Senjata di Gaza
Dewan Keamanan PBB untuk pertama kalinya pada hari Senin menuntut gencatan senjata segera di Gaza setelah Amerika Serikat abstain.(AFP)

SETELAH lebih dari lima bulan berperang, Dewan Keamanan PBB untuk pertama kalinya pada Senin menuntut gencatan senjata segera di Gaza setelah Amerika Serikat, sekutu Israel yang memveto rancangan sebelumnya, abstain.

Mendapat tepuk tangan di Dewan Keamanan yang biasanya tenang, ke-14 anggota lainnya memilih mendukung resolusi yang “menuntut gencatan senjata segera” untuk bulan suci Ramadhan yang sedang berlangsung.

Resolusi tersebut menyerukan agar gencatan senjata mengarah pada “gencatan senjata yang langgeng dan berkelanjutan”. Resolusi menuntut agar Hamas dan militan lainnya membebaskan sandera yang disandera dalam serangan tanggal 7 Oktober yang memicu kampanye militer besar-besaran Israel.

Baca juga : AS Ingin Gencatan Senjata Sementara di Gaza, Hamas Ogah

“Pertumpahan darah telah berlangsung terlalu lama,” kata Amar Bendjama, perwakilan Aljazair, yang saat ini menjadi anggota Dewan Keamanan blok Arab dan sponsor resolusi tersebut bersama dengan berbagai kelompok yang mencakup Slovenia, Swiss, Jepang, dan Korea Selatan.

“Akhirnya, Dewan Keamanan memikul tanggung jawabnya,” katanya.

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres menuntut agar resolusi tersebut dilaksanakan. “Kegagalan tidak bisa dimaafkan,” tulis Guterres di X, yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter.

Baca juga : DK PBB Gagal Hentikan Genosida di Gaza

Utusan Palestina Riyad Mansour menahan tangisnya ketika ia mengatakan bahwa resolusi tersebut harus menjadi “titik balik” dalam mengakhiri perang.

“Permintaan maaf kepada mereka yang telah gagal di dunia, kepada mereka yang seharusnya bisa diselamatkan namun tidak diselamatkan,” katanya.

Tidak ada hak moral untuk menghentikan perang

Amerika Serikat telah berulang kali memblokir resolusi Dewan Keamanan yang memberikan tekanan pada Israel namun semakin menunjukkan rasa frustrasi terhadap sekutunya sebagai sekutu Israel. PBB memperingatkan akan terjadinya kelaparan di Gaza.

Baca juga : Dukungan Gencatan Senjata di Gaza Meluap di Majelis Umum PBB

Perdana Menteri Benjamin Netanyahu pekan lalu bersumpah untuk menentang seruan AS dan memperluas kampanye militer Israel ke Rafah, kota Gaza selatan di mana sekitar 1,5 juta warga Palestina berlindung.

Beberapa saat setelah Amerika Serikat menolak memveto resolusi terbaru tersebut, Netanyahu mengumumkan bahwa dia tidak akan lagi mengirimkan delegasi ke Washington yang diminta oleh Presiden Joe Biden untuk membahas Rafah.

Resolusi tersebut “memberi Hamas harapan tekanan internasional akan memungkinkan mereka menerima gencatan senjata tanpa pembebasan korban penculikan kami,” kata Netanyahu.

Baca juga : Yordania dan AS Bahas Percepatan Gencatan Senjata di Gaza

Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant, yang sudah berada di Washington dalam perjalanan terpisah, mengatakan negaranya tidak akan mengakhiri perang sampai para sandera dibebaskan.

“Kami tidak mempunyai hak moral untuk menghentikan perang sementara masih ada sandera yang ditahan di Gaza,” katanya di luar Gedung Putih.

Hamas menyambut baik resolusi tersebut dan mengatakan mereka akan melakukan pembicaraan mengenai pertukaran tahanan yang ditengahi oleh Qatar, setelah berulang kali tertunda dalam mencapai kesepakatan.

Baca juga : Raja Yordania Desak Gencatan Senjata Gaza yang Berlangsung dalam Pembicaraan dengan Biden

AS mengatakan tanggung jawab masih ada pada Hamas

Di Gedung Putih, juru bicara Dewan Keamanan Nasional John Kirby mengatakan pihak AS "bingung" dan "kecewa" karena delegasi Israel kunjungan telah dibatalkan.

Para pejabat AS berpendapat resolusi tersebut tidak mengikat, sebuah poin yang diperdebatkan di PBB kirbi juga mengatakan resolusi tersebut tidak akan membahayakan perundingan yang telah mencapai kemajuan di bawah Qatar.

Bahkan tanpa kunjungan delegasi tersebut, Amerika Serikat akan terus berkomunikasi dengan Israel bahwa serangan terhadap Rafah adalah sebuah “kesalahan,” kata juru bicara Departemen Luar Negeri Matthew Miller.

Baca juga : Netanyahu Tolak Gencatan Senjata 135 Hari di Gaza, Malah Perluas Agresi ke Rafah

Serangan Hamas pada 7 Oktober, yang paling mematikan dalam sejarah Israel, mengakibatkan kematian sekitar 1.160 orang, sebagian besar warga sipil, menurut penghitungan AFP atas angka-angka Israel.

Israel menanggapinya dengan bersumpah untuk melenyapkan Hamas. Kampanye Hamas di Gaza telah menewaskan lebih dari 32.000 orang, sebagian besar perempuan dan anak-anak, menurut kementerian kesehatan di wilayah yang dikuasai Hamas.

Rusia melakukan upaya pada menit-menit terakhir namun gagal pada hari Senin untuk menyerukan resolusi bagi gencatan senjata yang bersifat “permanen” dan bukannya “langgeng”. Utusan tersebut, Vasily Nebenzia, menuduh Amerika Serikat masih ingin memberikan “kebebasan” kepada Israel. (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat