visitaaponce.com

Dikecam Dunia, Presiden Israel Minta Maaf atas Pembunuhan Relawan WCK

Dikecam Dunia, Presiden Israel Minta Maaf atas Pembunuhan Relawan WCK
Presiden Israel Isaac Herzog(AFP/Bart Maat)

PRESIDEN Israel Isaac Herzog meminta maaf atas serangan udara pasukan 'Negeri Zionis' yang menewaskan tujuh pekerja bantuan World Central Kitchen (WCK) di Jalur Gaza

Herzog mengaku telah menyampaikan pesan itu langsung kepada Jose Andres, koki selebriti yang berbasis di Amerika Serikat (AS) dan mengepalai kelompok bantuan WCK.

Dia mengungkapkan kesedihan mendalam dan permintaan maaf yang tulus atas hilangnya nyawa secara tragis. Namun, sikapnya itu bertentangan dengan Perdana Menteri Benyamin Netanyahu.

Baca juga : Spanyol Segera Akui Negara Palestina

Netanyahu enggan meminta maaf atas kebiadaban yang dikecam dunia tersebut. Dia hanya menggambarkannya sebagai kasus kematian biasa yang akan diselidiki.

“Itu terjadi dalam perang kami akan melakukan segalanya agar hal ini tidak terjadi lagi,” tambahnya.

Sekutu Israel, AS menyatakan kemarahan atas serangan itu. Juru Bicara Gedung Putih John Kirby mengatakan Israel harus bertanggung jawab.

Baca juga : Netanyahu Setuju Perundingan lagi, Lima Warga Gaza Tewas dalam Bantuan Makanan

“Kami sangat marah mengetahui serangan IDF yang menewaskan sejumlah pekerja kemanusiaan sipil kemarin dari WCK,” kata Kirby.

Usai tragedi pada Senin (1/4) itu, Uni Emirat Arab menghentikan upaya bantuan kemanusiaan melalui koridor maritim dari Siprus ke Jalur Gaza. Alasannya menunggu jaminan keamanan dari Israel dan penyelidikan penuh atas kematian pekerja bantuan di Jalur Gaza.

Pejabat UEA, yang menolak disebutkan namanya, tidak memberikan rincian tentang jaminan keamanan yang diinginkan dari Israel. 

Baca juga : Benjamin Netanyahu Setujui Perundingan Gencatan Senjata Baru di Gaza

WCK mengatakan serangan Israel menewaskan tujuh pekerjanya di Jalur Gaza saat mereka mengirimkan bantuan makanan yang tiba melalui laut pada hari sebelumnya.

Militer Israel mengatakan sebuah badan ahli independen dan profesional akan menyelidiki kematian tujuh orang yang bekerja untuk WCK di Gaza. Setidaknya 32.916 warga Palestina telah terbunuh dan 75.494 terluka sejak Israel memulai serangannya di Gaza.

Sekitar 1.140 orang tewas dalam serangan yang dipimpin Hamas pada 7 Oktober dan 250 orang disandera dan 132 orang masih hilang. (AFP/France24/Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat