visitaaponce.com

Elon Musk Bertemu dengan Presiden Israel dan Keluarga Sandera Gaza

Elon Musk Bertemu dengan Presiden Israel dan Keluarga Sandera Gaza
Elon Musk berencana bertemu dengan Presiden Israel Isaac Herzog(AFP)

ELON Musk akan bertemu dengan Presiden Israel Isaac Herzog dan perwakilan keluarga warga Israel yang menjadi sandera Hamas di Gaza.

"Dalam pertemuan mereka, presiden akan menekankan perlunya bertindak untuk memerangi antisemitisme online yang meningkat,” kantor Herzog mengumumkan pertemuan tersebut pada Minggu (26/11) malam,

Musk tidak menanggapi permintaan komentar melalui juru bicara Tesla dan X terkait kunjungan tersebut.

Baca juga: Elon Musk Membicarakan AI dan Bahaya Robot Manusia dalam Era Kemakmuran

Kunjungan Musk bertepatan dengan gencatan senjata selama empat hari dalam perang Israel dengan militan Hamas Palestina di Gaza, di mana 40 dari 240 sandera yang menurut Israel ditahan oleh Hamas telah kembali ke Israel.

Channel 12 Israel mengatakan bahwa Musk juga akan bertemu dengan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu pada hari Senin (27/11). Namun, tidak ada komentar langsung dari kantornya.

Baca juga: Elon Musk Setuju Buka Akses Starlink di Gaza yang Dibombardir Israel

Netanyahu bertemu dengan Musk di California pada 18 September dan mendesaknya untuk menyeimbangkan antara melindungi kebebasan berekspresi dan memerangi ujaran kebencian setelah berminggu-minggu kontroversi atas konten antisemit di X.

Musk merespons dengan mengatakan bahwa ia menentang antisemitisme dan menentang apa pun yang mempromosikan kebencian dan konflik, doa mengulangi pernyataan sebelumnya bahwa X tidak akan mempromosikan ujaran kebencian.

Selama kunjungan tersebut, sebelum perang, sekitar 200 orang memprotes upaya pemerintah sayap kanan Netanyahu untuk mengekang kekuasaan pengadilan Israel. Mereka berkumpul di luar pabrik Tesla di California, tempat pertemuan itu berlangsung.

Kemudian pada 15 November, Musk setuju dengan sebuah unggahan di X yang secara keliru mengklaim bahwa orang-orang Yahudi mengobarkan kebencian terhadap orang kulit putih, dan mengatakan bahwa pengguna yang merujuk pada teori konspirasi.

Gedung Putih mengutuk promosi kebencian antisemit dan rasis yang menjijikkan dam bertentangan dengan nilai-nilai inti sebagai orang Amerika.

Perusahaan-perusahaan besar AS termasuk Walt Disney, Warner Bros Discovery dan induk NBCUniversal, Comcast, menghentikan iklan-iklan mereka di situs media sosialnya.

Teori konspirasi "Penggantian Besar" menyatakan bahwa orang-orang Yahudi dan kelompok kiri merekayasa penggantian etnis dan budaya penduduk kulit putih dengan imigran non-kulit putih yang akan mengarah pada "genosida kulit putih."

Antisemitisme dan Islamofobia telah meningkat di Amerika Serikat dan di seluruh dunia, termasuk selama perang yang telah berlangsung selama tujuh minggu antara Israel dan Hamas.

Setelah pecahnya perang, insiden antisemitisme di Amerika Serikat meningkat hampir 400 persen dari periode tahun sebelumnya, menurut Anti-Defamation League, sebuah organisasi nirlaba yang memerangi antisemitisme.

Musk mengatakan bahwa X harus menjadi platform bagi orang-orang untuk memposting berbagai sudut pandang, tetapi perusahaan akan membatasi distribusi postingan tertentu yang mungkin melanggar kebijakannya, dengan menyebut pendekatannya sebagai kebebasan berbicara, bukan menjangkau.

Musk sedang mengembangkan perusahaan rintisan kecerdasan buatan xAI, dan Israel dianggap sebagai pemimpin dunia dalam bidang ini, berkat industri komputasi dan robotika yang sedang berkembang.

Ekonomi Israel yang bernilai hampir US$500 miliar, yang sebelumnya berada di jalur pertumbuhan untuk mencapai 3 persen tahun ini dengan tingkat pengangguran yang rendah, sekarang diperkirakan sekitar 2 persen dengan pertumbuhan yang lambat yang diperkirakan akan terjadi pada tahun 2024 selama perang berlanjut.

Setelah jatuh 6 persen pada awal perang, nilai tukar shekel telah menguat 8 persen terhadap dolar dan sekarang berada pada level sebelum perang. Dibantu terutama oleh investor lokal, harga-harga saham juga telah pulih dari penurunan tajam bulan lalu. (AFP/10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat