visitaaponce.com

Pengusaha Properti Vietnam Truong My Lan Dihukum Mati dalam Kasus Penipuan Miliaran Dolar

Pengusaha Properti Vietnam Truong My Lan Dihukum Mati dalam Kasus Penipuan Miliaran Dolar
Pengusaha properti Vietnam Truong My Lan, yang dinyatakan bersalah atas penipuan uang dari SCB, dan mendapat vonis mati.(AFP)

SEORANG pemilik perusahaan properti terkemuka di Vietnam dijatuhi hukuman mati pada Kamis dalam salah satu kasus korupsi terbesar dalam sejarah, dengan kerugian diperkirakan mencapai US$27 miliar.

Sebuah panel dari tiga juri yang dipilih dan dua hakim menolak semua argumen pembelaan Truong My Lan, ketua pengembang besar Van Thinh Phat, yang dinyatakan bersalah atas penipuan uang dari Saigon Commercial Bank (SCB) selama satu dekade.

"Tindakan terdakwa... mengikis kepercayaan masyarakat terhadap kepemimpinan Partai (Komunis) dan negara," bunyi vonis di persidangan di kota bisnis selatan Ho Chi Minh City.

Baca juga : Pengusaha Properti Vietnam Menghadapi Keputusan dalam Penipuan US$12.5 Miliar

Setelah persidangan selama lima minggu, 85 orang lainnya juga dihukum atas tuduhan mulai dari suap dan penyalahgunaan kekuasaan hingga penyelewengan dan pelanggaran hukum perbankan. 

Empat orang dijatuhi hukuman penjara seumur hidup, sementara yang lainnya mendapat hukuman penjara mulai dari 20 tahun hingga tiga tahun penangguhan.

Suami Lan, miliarder asal Hong Kong Eric Chu Nap Kee, dijatuhi hukuman sembilan tahun penjara.

Baca juga : Jaksa New York Tuntut Donald Trump Sebesar US$370 Juta dalam Kasus Penipuan Properti

Lan menyelewengkan US$12,5 miliar, tetapi jaksa mengatakan Kamis total kerugian yang disebabkan oleh penipuan itu kini mencapai US$27 miliar, atau setara 6% dari PDB negara itu pada 2023.

Pengadilan memerintahkan Lan, 67, untuk membayar hampir seluruh jumlah kerugian sebagai kompensasi.

Hukuman mati adalah hukuman yang tidak lazim dalam kasus seperti ini, meskipun negara tersebut merupakan eksekutor terkemuka di dunia, menurut Amnesty International.

Baca juga : Menanti Putusan Bersejarah dalam Kasus Keuangan Vatikan

Lan dan yang lainnya ditangkap sebagai bagian dari penindakan korupsi nasional yang telah menyeret sejumlah pejabat dan anggota elit bisnis Vietnam dalam beberapa tahun terakhir.

Dia tampaknya mengatakan dalam pernyataan terakhirnya kepada pengadilan minggu lalu bahwa dia memiliki pemikiran untuk bunuh diri.

"Dalam keputusasaan saya, saya memikirkan kematian," katanya, menurut media negara.

Baca juga : Donald Trump Bertengkar dengan Hakim dalam Sidang Penipuan

"Saya sangat marah bahwa saya bodoh mencukupi untuk terlibat dalam lingkungan bisnis yang sangat sengit ini -- sektor perbankan -- yang pengetahuan saya sedikit."

Protes ratusan orang mulai terjadi di ibu kota Hanoi dan Ho Chi Minh City, sebuah kejadian yang relatif jarang terjadi dalam negara komunis satu partai, setelah penangkapan Lan pada Oktober 2022.

Polisi telah mengidentifikasi sekitar 42.000 korban skandal ini, yang telah mengejutkan negara Asia Tenggara ini.

Di antara mereka adalah Nga, seorang penduduk Hanoi berusia 67 tahun yang mengatakan kepada AFP, berharap untuk hukuman penjara seumur hidup bagi Lan sehingga dia bisa hidup untuk sepenuhnya menyaksikan rasa sakit yang ditimbulkan oleh tindakannya pada orang biasa.

"Banyak orang bekerja keras untuk menabung di bank, tapi sekarang dia menerima hukuman mati dan itu saja baginya," kata Nga, menggunakan nama samaran untuk melindungi identitasnya.

"Hanya itu yang bisa dia lihat dari penderitaan orang-orang."

Nga sejauh ini belum bisa mengambil kembali US$120.000 yang dia investasikan dengan SCB.

Lan dituduh membangun aplikasi pinjaman palsu untuk menarik uang dari SCB, di mana dia memiliki saham 90%.

Polisi mengatakan korban skema ini adalah semua pemegang obligasi SCB yang tidak dapat menarik uang mereka dan tidak menerima pembayaran bunga atau pokok sejak penangkapan Lan.

Jaksa mengatakan selama persidangan bahwa mereka telah menyita lebih dari 1.000 properti yang dimiliki olehnya.

Otoritas juga mengatakan US$5,2 juta yang diduga diberikan oleh Lan dan beberapa bankir SCB kepada pejabat negara untuk menyembunyikan pelanggaran bank dan situasi keuangan yang buruk adalah suap terbesar yang pernah tercatat di Vietnam.

Do Thi Nhan, mantan kepala tim inspeksi Bank Negara Vietnam, dijatuhi hukuman penjara seumur hidup karena menerima suap. Dia mengatakan selama persidangan bahwa jutaan dolar diberikan kepadanya dalam kotak styrofoam oleh mantan CEO SCB.

Lebih dari 4.400 orang telah didakwa selama serbuan anti-korupsi Vietnam, meliputi lebih dari 1.700 kasus suap, sejak tahun 2021.

Pengusaha properti mewah Vietnam teratas -- Do Anh Dung, kepala grup Tan Hoang Minh -- dijatuhi hukuman delapan tahun penjara bulan lalu setelah dinyatakan bersalah atas menipu ribuan investor dalam skema obligasi senilai US$355 juta. (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat