visitaaponce.com

Iran-Israel Memanas, Kemenlu Pastikan terus Pantau Situasi di Kawasan

Iran-Israel Memanas, Kemenlu Pastikan terus Pantau Situasi di Kawasan
Direktur PWNI-BHI Judha Nugraha(Kemenlu)

Perseteruan Iran dan Israel semakin memanas. Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI Judha Nugraha pun memastikan pihaknya bersama KBRI Teheran dan Perwakilan RI di Timur Tengah terus memonitor situasi di kawasan tersebut.

"Sesuai SOP, setiap Perwakilan RI wajib memiliki rencana kontingensi untuk antisipasi situasi kedaruratan bagi perlindungan WNI," kata Judha kepada Media Indonesia, Sabtu (13/4).

Ia mengatakan, saat ini, jumlah WNI di Iran tercatat sebanyak 376 orang. Sebagian besar dari mereka adalah pelajar atau mahasiswa dan bertempat tinggal di Kota Qom.

Baca juga : Indonesia Siap Bawa Pulang 200an WNI di Lebanon

Sementara itu, Israel bersiaga setelah Iran mengancam akan melakukan pembalasan atas serangan di Suriah yang menewaskan dua jenderal Iran.

Beberapa hari setelah Israel memperkuat pertahanan udaranya dan menghentikan cuti unit tempurnya, Amerika Serikat juga memperingatkan risiko serangan Iran atau kelompok sekutunya pada saat ketegangan di Timur Tengah sedang meningkat.

"Iran mengancam akan melancarkan serangan signifikan terhadap Israel," kata Presiden AS Joe Biden pada Rabu, dan menjanjikan dukungan kuat untuk sekutu regionalnya meskipun ada ketegangan diplomatik mengenai perilaku militer Israel di Gaza. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat