visitaaponce.com

Ketua DPR AS Mike Johnson Tawarkan RUU Bantuan Ke Israel

Ketua DPR AS Mike Johnson Tawarkan RUU Bantuan Ke Israel
Ketua DPR AS Mike Johnson bermaksud meningkatkan bantuan masa perang ke Israel, menyusul serangan Iran akhir pekan lalu.(AFP)

KETUA DPR AS Mike Johnson mengatakan ia bermaksud meningkatkan bantuan masa perang ke Israel minggu ini, setelah serangan Iran pada akhir pekan. Namun tidak menjelaskan apakah pendanaan Ukraina akan menjadi bagian dari paket tersebut.

Bantuan Amerika untuk kedua negara terhenti di tengah perselisihan politik di Kongres, dengan Johnson -- sekutu calon presiden dari Partai Republik Donald Trump -- memblokir bantuan sebelumnya sebesar US$95 miliar yang diminta Presiden Joe Biden untuk Israel, Ukraina, dan Taiwan.

“Anggota Partai Republik di DPR dan Partai Republik memahami perlunya mendukung Israel. Kami akan mencoba lagi minggu ini, dan rincian paket tersebut sedang disusun saat ini,” kata Johnson kepada acara Fox “Sunday Morning Futures.”

Baca juga : Joe Biden Janjikan Dukung Israel Terhadap Pembalasan Iran

"Kami sedang mempertimbangkan opsi untuk semua masalah tambahan ini."

Johnson berada di ujung tanduk dalam hal bantuan untuk Ukraina, karena Trump dan anggota parlemen sayap kanan di Dewan Perwakilan Rakyat semakin skeptis untuk mengucurkan miliaran dolar ke dalam perjuangan Kyiv melawan pasukan invasi Rusia.

Pembicara berkumpul dengan Trump di Florida. Dia mengatakan kepada Fox bahwa dia sedang mempertimbangkan menyusun bantuan ke Ukraina sebagai pinjaman, seperti yang disarankan Trump dan Johnson mengatakan, "Saya pikir ada banyak konsensus."

Baca juga : Sekjen PBB Mengutuk Serangan Mematikan Terhadap Rumah Sakit Gaza

Sementara itu, Biden berpartisipasi dalam panggilan telepon dengan para pemimpin kongres pada Minggu termasuk Johnson untuk mengatasi “kebutuhan mendesak” bagi DPR untuk menyetujui paket bantuan bipartisan yang disahkan oleh Senat.

"Dalam panggilan tersebut, presiden membahas kebutuhan mendesak bagi Dewan Perwakilan Rakyat untuk meloloskan peraturan tambahan keamanan nasional sesegera mungkin," kata Gedung Putih dalam sebuah pernyataan.

Beberapa anggota DPR yang konservatif mengatakan mereka menginginkan kebijakan migrasi AS yang lebih ketat ditambahkan ke dalam paket bantuan keamanan.

“Saya siap membantu Ukraina, tapi saya ingin melihat kita berurusan dengan perbatasan selatan,” Senator Marco Rubio mengatakan kepada “State of the Union” CNN pada hari Minggu, menambahkan: “Jika Senat mengirim DPR ( mandiri) RUU bantuan Israel pada hari Senin, DPR akan mengesahkannya." (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat