visitaaponce.com

JK Temui Perwakilan Hamas di Malaysia, Bahas Perdamaian Palestina-Israel

JK Temui Perwakilan Hamas di Malaysia, Bahas Perdamaian Palestina-Israel
Wakil Presiden ke-10 dan 12 RI Jusuf Kalla(MI/Susanto)

Wakil Presiden ke-10 dan 12 Republik Indonesia Jusuf Kalla (JK) menemui delegasi Hamas Palestina yang dipimpin Pejabat Biro Politik sekaligus Wakil Kepala Urusan Internasional Hamas, Bassem Naim, di Malaysia, Minggu (5/5). Pertemuan itu berkaitan dengan upaya perdamaian antara Palestina dengan Israel.

JK sendiri sempat diminta untuk membantu melakukan mediasi antara kedua belah pihak seperti yang pernah dilakukan pada 2023 lalu.

"Ya, kemarin saya ke Kuala Lumpur untuk perdamaian. Perdamaian bagaimana Hamas minta kita untuk memberikan fasilitasi, mendorong perdamaian," ujar JK di Jakarta Pusat, Selasa (7/5).

Baca juga : Moskow Pertemukan Fatah dan Hamas

Dalam pertemuan itu, JK mengatakan, untuk bisa mewujudkan perdamaian, tidak bisa hanya dengan mendamaikan antara Palestina dengan Israel. Hamas sendiri juga harus berdamai dengan partai politik penguasa di Palestina, yaitu Fatah.

"Saya bilang Hamas juga harus damai dengan Palestina sendiri. Hamas dan Fatah harus berdamai. Kita tentu berusaha ke situ," jelasnya.

Ia juga mengaku sudah membicarakan upaya perdamaian ini dengan Perdana Menteri Malaysia, Anwar Ibrahim. Politisi Senior Golkar ini pun akan mendorong dilakukan perundingan antar Hamas dan Fatah.

"Tapi kita usahakan sekarang bagaimana terjadi perdamaian dulu antara mereka, mereka berunding supaya lebih kuat," pungkasnya. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat