visitaaponce.com

Hamas Kini Bola di Tangan Israel

Hamas : Kini Bola di Tangan Israel
Hamas sudah menyetujui proposal gencatan senjata. Saat ini kendali sepenuhnya berada di tangan Israel.(AFP)

GERAKAN pembebasan Palestina atau Hamas menyatakan kesepakatan gencatan senjata tinggal menunggu persetujuan Israel. Delegasi Hamas yang menghadiri perundingan gencatan senjata Gaza di Kairo telah meninggalkan kota itu menuju Qatar.

“Delegasi perundingan meninggalkan Kairo menuju Doha. Dalam praktiknya, pendudukan Israel menolak proposal yang diajukan oleh para mediator dan mengajukan keberatan terhadap beberapa isu sentral," kata pejabat Hamas dalam pesannya kepada rakyat Palestina, Jumat (10/5).

Hamas sudah menyetujui proposal gencatan senjata tersebut. Oleh karena itu, kendali kini sepenuhnya berada di tangan pendudukan Israel.

Baca juga : 268 Tentara Israel Tewas di Gaza

Pada saat yang sama, penembakan besar-besaran dilakukan Israel di Rafah, Gaza. Tentara Israel mengerahkan tank-tank di sekitar kota itu yang dipenuhi pengungsi.

Presiden Amerika Serikat Joe Biden memperingatkan Israel agar tidak melakukan serangan darat besar-besaran di Rafah. Setidaknya 34.904 warga Palestina telah tewas dan 78.514 terluka dalam serangan militer Israel di Gaza, menurut kementerian kesehatan di wilayah yang dikuasai Hamas . 

Sekitar 1.170 orang tewas dalam serangan yang dipimpin Hamas pada 7 Oktober dan 250 disandera, menurut data Israel, dan 132 lainnya masih hilang. (France24/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat