visitaaponce.com

Israel Perintahkan Evakuasi Warga Palestina dari Rafah

Israel Perintahkan Evakuasi Warga Palestina dari Rafah
Ilustrasi - Israel memerintahkan puluhan warga Palestina untuk meninggalkan Rafah untuk pergi ke Al-Mawasi(AFP)

ISRAEL telah memerintahkan puluhan ribu warga Palestina untuk meninggalkan Rafah, seiring peningkatan operasi militer di Gaza selatan.

Selebaran dijatuhkan dari udara dan unggahan di media sosial meminta penduduk di distrik timur kota itu untuk pergi ke al-Mawasi, wilayah pesisir sempit yang disebut Israel sebagai “zona kemanusiaan yang diperluas”.

Beberapa bagian Rafah yang jalanannya dipenuhi penduduk setempat dan pengungsi beberapa hari yang lalu, kini terlihat seperti kota hantu.

Baca juga : PM Israel Benjamin Netanyahu Menyatakan Warga Sipil Bisa Meninggalkan Rafah Sebelum Invasi

Israel mengatakan pihaknya akan melanjutkan operasi yang direncanakan di Rafah meskipun AS dan sekutu lainnya memperingatkan serangan darat dapat menyebabkan korban sipil dalam jumlah besar dan krisis kemanusiaan.

Diposting di X, sebelumnya Twitter, Pasukan Pertahanan Israel (IDF) mengatakan  selama beberapa hari terakhir pasukan terlibat dalam "pertempuran tatap muka" dengan pejuang Hamas di Rafah.

IDF menambahkan tentara telah menemukan “sejumlah lubang bawah tanah” di daerah tersebut.

Baca juga : Sekjen PBB Peringatkan Bencana Kemanusiaan Besar jika Israel Invasi Rafah

Dalam beberapa hari terakhir, ada puluhan serangan udara Israel di sepanjang Jalur Gaza. Militer Israel mengatakan serangan tersebut menargetkan apa yang mereka sebut sebagai teroris dan infrastruktur teroris.

Mereka juga menginstruksikan warga untuk meninggalkan beberapa wilayah di Gaza utara; menunjukkan pasukannya mungkin kembali ke sana beberapa bulan setelah mereka pergi sebelumnya.

IDF mengatakan orang-orang di dan sekitar Jabaliya, di Gaza utara, perlu “mengungsi sementara ke tempat perlindungan di bagian barat Kota Gaza” untuk “mengurangi kerugian” terhadap penduduk “setelah upaya Hamas untuk berkumpul kembali” di daerah tersebut.

Baca juga : Hamas Tegaskan Gencatan Senjata Gaza Kembali ke Titik Awal

Awalnya mengungsi dari Jabaliya, seorang pria mengatakan kepada BBC bahwa dia menerima pesan di ponselnya, memintanya untuk segera mengevakuasi Rafah.

"Kami tidak tahu ke mana harus pergi. Jumlah kami sekitar 80 orang," katanya kepada program Gaza Lifeline di BBC Arab.

“Saya tidak punya uang untuk kembali ke Khan Younis. Beberapa tetangga mengatakan untuk datang dan menyewa tempat dengan harga sewa yang sangat murah. Tapi saya tidak punya uang bahkan untuk menyewa mobil.”

Baca juga : Invasi Israel di Rafah Berlanjut Meski Joe Biden Ancam Setop Pengiriman Senjata

Rencana Israel untuk memperluas serangan daratnya ke ujung selatan Jalur Gaza – tempat ratusan ribu warga Palestina mencari perlindungan dari pertempuran di tempat lain di wilayah tersebut, telah memicu kekhawatiran internasional.

Setop pasokan senjata

Pekan lalu, Presiden Joe Biden mengatakan AS tidak akan memasok senjata berat ke Israel yang dapat digunakan dalam serangan besar-besaran di Rafah.

Dalam wawancara dengan CNN, Biden mengatakan Amerika akan terus memberi Israel senjata yang dibutuhkan untuk mempertahankan diri, termasuk pencegat untuk sistem pertahanan udara “Iron Dome”.

Namun dia mengatakan senjata berat yang dipasok Amerika telah membunuh warga sipil di Gaza, dan memperingatkan Israel tidak akan mempertahankan dukungan Washington jika mereka melakukan operasi militer di pusat-pusat populasi tersebut.

Menteri Luar Negeri Inggris David Cameron mengatakan Inggris menentang operasi militer di Rafah, namun kemungkinan besar tidak akan mengikuti Amerika dalam menunda penjualan senjata ke Israel.

Pada hari Jumat, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan dia berharap untuk mengatasi perbedaan pendapatnya dengan Biden – tetapi berjanji untuk terus melanjutkan serangan militernya di Rafah.

"Jika perlu... kami akan berdiri sendiri. Saya telah mengatakan bahwa jika perlu kami akan berjuang dengan sekuat tenaga," kata Netanyahu.

Perintah evakuasi pada hari Sabtu ini dikeluarkan beberapa jam setelah laporan Departemen Luar Negeri AS mengatakan Israel mungkin telah menggunakan senjata yang dipasok Amerika yang melanggar hukum kemanusiaan internasional dalam beberapa kasus selama perang di Gaza.

Laporan tersebut menyatakan “masuk akal untuk menilai” bahwa senjata-senjata tersebut telah digunakan dengan cara yang “tidak konsisten” dengan kewajiban Israel. Namun AS juga menambahkan tidak memiliki informasi lengkap dalam penilaiannya dan pengiriman dapat dilanjutkan.

Badan-badan bantuan telah memperingatkan berlanjutnya operasi militer Israel di Gaza selatan berarti warga Palestina akan kehilangan tempat yang aman.

Badan amal Oxfam mengatakan daerah tersebut tidak memiliki rumah sakit yang berfungsi dan pasokan bantuan sangat terbatas.

Rumah sakit terbesar dari tiga rumah sakit yang berfungsi sebagian di Rafah, Abu Youssef al-Najjar, harus segera ditinggalkan keesokan harinya setelah staf menerima perintah evakuasi dan terjadi pertempuran di dekatnya.

Badan PBB untuk Pengungsi Palestina juga menyatakan keprihatinannya mengenai kondisi di kamp al-Mawasi di mana orang-orang diminta untuk pergi.

Sam Rose dari UNRWA mengatakan kepada BBC News bahwa daerah tersebut hampir tidak memiliki fasilitas untuk mengirim orang ke sana.

“Orang-orangnya tinggal di gubuk-gubuk, orang-orang yang tinggal di tenda-tenda di pinggir jalan pantai berpasir. Sangat sulit dalam hal memberikan pelayanan.

"Tidak ada jaringan air di sana. Tidak ada infrastruktur, saluran air limbah, sanitasi," ujarnya. (BBC/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat