visitaaponce.com

Penjara Israel Jadi Tempat Penyiksaan

Penjara Israel Jadi Tempat Penyiksaan
Aksi bela Palestina di Bandung.(ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

WARGA Palestina yang ditahan di kamp penahanan Israel di gurun Negev menjadi sasaran kekerasan fisik dan mental. Bahkan ada seorang pria yang anggota tubuhnya harus diamputasi akibat cedera yang diderita akibat diborgol terus-menerus.

Itu sedikit gambaran dari perlakuan Israel yang mengerikan terhadap para tahanan di kamp Sde Teiman Israel, yang menampung warga Palestina dari Gaza dan yang dicap anggota Hamas. Para tahanan secara teratur dibelenggu di tempat tidur dengan mata ditutup dan dipaksa memakai popok.

Menurut dua orang sumber fasilitas tersebut yang terletak sekitar 18 mil dari perbatasan Gaza, terdiri dari dua bagian berbeda. Pertama, sebuah penjara yang menampung 200 tahanan Palestina dari Gaza yang mendapatkan pembatasan fisik yang ketat.

Baca juga : Warga Palestina Ceritakan Penyiksaan dalam Tahanan Tentara Israel

Kedua, rumah sakit lapangan yang menjadi tempat puluhan tahanan Palestina dengan cedera perang diborgol. Salah satu sumber yang pernah bekerja di fasilitas tersebut sebagai penjaga penjara mengatakan para tahanan dipaksa berdiri berjam-jam, atau duduk berlutut.

Sumber tersebut, yang berbicara mengenai risiko pembalasan, mengatakan beberapa tahanan dipukuli dengan pentungan dan tidak dapat menggerakkan kepala atau berbicara di fasilitas tersebut.

“Para tahanan ditahan di semacam kurungan, semuanya ditutup matanya dan diborgol,” kata sumber itu, dilansir dari Guardian, Jumat (24/5).

Baca juga : Israel Selidiki Kematian Narapidana Palestina setelah Dituduh Ada Penyiksaan

“Jika ada yang berbicara atau bergerak, langsung dibungkam atau dipaksa berdiri dengan tangan terangkat di atas kepala dan diborgol hingga satu jam. Jika mereka tidak bisa mengangkat tangan, tentara akan mengikatkan borgol ke jeruji kandang. Banyak tahanan yang menderita luka infeksi dan tidak dirawat dengan baik,” tambahnya.

Dia menambahkan lantainya sangat kotor, dan baunya sangat menyengat sehingga kami terpaksa memakai masker. Kadang-kadang Anda bisa mendengar suara pemukulan dan jeritan mereka, serta suara gedoran seperti ke dinding logam.

Dia mengatakan para tahanan diberi satu mentimun, beberapa potong roti dan secangkir keju, dan beberapa dari mereka terlihat kekurangan gizi. Sumber tersebut mengklaim bahwa militer tidak memiliki bukti bahwa semua tahanan adalah anggota Hamas, dan beberapa narapidana berulang kali menanyakan mengapa mereka berada di sana.

Baca juga : Tahanan Palestina Mengaku Disiksa selama di Penjara Israel

Menurut dia sebagian besar sudah ditetapkan sebagai tersangka dan ada pula yang dibebaskan. “Tetapi mereka belum dituntut secara resmi. Itu semacam kamp penyaringan, penahanan sementara,” ujarnya.

Menurut laporan dari Physicians for Human Rights (PHR), yang menuntut penutupan kamp tersebut, sejak awal konflik, semua penduduk Gaza yang ditahan diklasifikasikan sebagai 'pejuang yang melanggar hukum', sebuah klasifikasi yang membuat mereka tidak lagi menjadi tawanan perang.

Status itu memungkinkan Israel untuk melarang kunjungan pengacara dalam jangka waktu yang lama, sehingga menyebabkan kurangnya pengawasan kritis pada saat meningkatnya risiko kondisi penahanan dan penyiksaan yang parah.

Baca juga : Aktivis HAM Kecam Pelecehan Sistemik terhadap Tahanan Palestina di Penjara Israel

Menurut informasi yang diperoleh dari layanan penjara Israel sejak awal April, 849 orang yang diklasifikasikan sebagai pejuang yang melanggar hukum ditahan di penjara tersebut.

Sumber tersebut menggambarkan rumah sakit lapangan di kamp penahanan terdiri dari tenda dengan ruang gawat darurat tempat pasien menjalani operasi dengan tandu karena tidak ada meja operasi. Para pasien diborgol ke tempat tidur, mereka semua memakai popok dan mata ditutup.

Dia mengaku diberitahu beberapa pasien datang dari rumah sakit di Gaza. “Mereka adalah pasien yang ditangkap oleh tentara Israel saat dirawat di rumah sakit Gaza dan dibawa ke sini. Mereka memiliki anggota badan dan luka yang terinfeksi. Mereka mengerang kesakitan,” jelasnya.

Dalam satu kasus, katanya, ia mengetahui bahwa tangan seorang tahanan telah diamputasi karena pergelangan tangannya mengalami pembusukan akibat luka borgol. Laporan PHR merinci kasus Izz ad-Din al-Bana, seorang warga Gaza berusia 34 tahun yang bergantung pada kursi roda sebelum penangkapannya, dan meninggal di pusat medis lain pada Februari setelah dipindahkan dari Sde Teiman untuk dirawat karena luka tekan yang parah. (Cah/P-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Akmal

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat