visitaaponce.com

Pemkot Jakpus Mulai Tertibkan Pengemis Musiman Selama Ramadan

Pemkot Jakpus Mulai Tertibkan Pengemis Musiman Selama Ramadan
Ilustrasi razia pengemis dan gelandangan(ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)

PEMERINTAH Kota Jakarta Pusat mulai menggencarkan patroli pengawasan terhadap gelandangan maupun pengemis musiman selama Ramadan. Wakil Wali Kota Jakarta Pusat Irwandi mengatakan Ramadan biasanya dijadikan waktu bagi sebagian orang dari luar Jakarta untuk mengais rezeki dengan menjadi gelandangan maupun pengemis musiman.

Jumlah mereka sudah mulai terlihat meningkat sejak awal Ramadan. Di pekan pertama Ramadan, sudah belasan pengemis musiman diciduk oleh petugas Satpol PP maupun petugas dari Suku Dinas Sosial Jakpus.

"Iya sudah mulai datang nih mereka. Kita sudah bawa beberapa dari awal Ramadan," kata Irwandi saat dihubungi Media Indonesia, Kamis (22/4).

Baca juga:  Jumlah Pengemis Musiman di Jakarta Jelang Idul Fitri Berkurang

Irwandi menjelaskan wilayah Jakarta Pusat merupakan wilayah yang diminati oleh para pengemis musiman karena menjadi lokasi dari pusat perekonomian di Jakarta. Ia menuturkan para pengemis musiman yang ditindak akan dibawa dan ditampung di GOR Tanah Abang. Mereka akan menjalani skrining covid-19 dengan tes cepat antigen.

"Jika hasilnya positif maka akan dilanjutkan ke RS untuk pemeriksaan lebih lanjut dan perawatan. Kalau hasilnya negatif kita bawa ke panti sosial untuk dibina," ujar Irwandi.

Setelah dibina di panti, pengemis musiman itu akan dipulangkan ke domisilnya masing-masing oleh Pemprov DKI Jakarta.(OL-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat