visitaaponce.com

Kembali ke Jalanan, Manusia Silver Bakal Dimasukkan ke Panti Sosial

Kembali ke Jalanan, Manusia Silver Bakal Dimasukkan ke Panti Sosial
Sejumlah pengamen yang dikenal manusia silver berada di Jalan Raya Cikaret, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.(Antara)

DINAS Sosial DKI Jakarta siap memasukkan manusia silver ke panti sosial, jika mereka tetap membandel setelah mendapat teguran.

Hal itu ditekankan Kepala Suku Dinas Sosial Jakarta Pusat Abdul Salam. Sepanjang Januari-September 2021, terdapat 29 manusia silver yang terjaring dalam kegiatan pengawasan dan pengendalian sosial PMKS di wilayah Jakarta Pusat.

Baca juga: 1.304 PMKS di Jakarta Ditertibkan Sepanjang Ramadan

Awalnya, manusia silver yang ditemui tidak langsung diangkut petugas dan hanya diberi imbauan. "Tempo lalu kita sudah menghalau manusia silver di lampu merah KPU Menteng. Ada tiga manusia silver yang diimbau untuk jangan melakukan minta-minta di jalan," jelas Salam, Jumat (1/10).

Jika manusia silver yang sebelumnya sudah mendapat teguran masih membandel, pihaknya akan memasukkan orang tersebut ke panti sosial untuk mendapat binaan. "Karena mayoritas usia remaja, mereka masuk ke Panti Sosial Bina Remaja (PSBR), ada di Tebet," imbuhnya.

Baca juga: DPRD DKI Minta Seniman Ondel-Ondel Diberikan Ruang Khusus

Di PSBR, lanjut Salam, manusia silver yang dijaring akan mendapat binaan keterampilan. Seperti, melakukan servis AC, perbengkelan mobil-motor, jahit dan las. Sebelum diberi pembinaan, mereka akan menerima asesmen untuk mengidentifikasi bidang yang ditempati.

Pihaknya menyadari kalangan remaja yang menjadi manusia silver dilatarbelakangi tekanan ekonomi. Menurutnya, seluruh SKPD wajib terlibat untuk penyelesaian masalah sosial tersebut. "Memberikan tindak lanjut. Biasanya ke dunia usaha yang sudah bekerja sama dengan panti," pungkasnya.(OL-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat