visitaaponce.com

Wagub Jakarta Terjadi Penurunan Permukaan Air Tanah

Wagub: Jakarta Terjadi Penurunan Permukaan Air Tanah
Riza Patria (kanan) di Kantor Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD), Jakarta, Jumat (16/3/2012).(Antara)

WAKIL Gubernur (Wagub) DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, memberikan tanggapan terkait informasi dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jakarta yang menyebut adanya potensi pergerakan tanah di sejumlah lokasi di Jakarta.

Menanggapi informasi ramalan tersebut, Riza menyatakan, kemungkinan bisa terjadi disebabkan adanya peningkatan kebutuhan air melalui pompa. Pihaknya kini berupaya untuk meningkatkan distribusi air bersih melalui PAM Jaya agar mengurangi penggunaan air tanah.

Baca juga: Ragunan Larang Masuk Anak 6-12 Tahun yang Belum Divaksin

"Memang di Jakarta ini ada penurunan permukaan air tanah, ya. Jadi kita berupaya untuk mengurangi pemakaian air tanah, maka kami harapkan ada dukungan dari masyarakat dan swasta," kata Riza di Jakarta, Rabu (2/3/2022) malam.

Sebagai informasi, BPBD Jakarta menyebutkan, sebanyak 10 lokasi di Jakarta Selatan (Jaksel) dan Jakarta Timur (Jaktim) berpotensi mengalami pergerakan tanah tingkat menengah pada Maret 2022.

"Informasi dari PVMBG (Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi) Kementerian ESDM, beberapa lokasi di wilayah Provinsi DKI Jakarta berada pada zona menengah," tulis unggahan dalam akun media sosial Instagram BPBD DKI Jakarta yang dipantau Selasa (1/3/2022).

Baca juga: DPRD Jakarta Heran ASN Terima Subsidi Transportasi

Pada zona menengah ini, BPBD Jakarta menyebutkan, dapat terjadi gerakan tanah jika curah hujan di atas normal, terutama pada daerah yang berbatasan dengan lembah sungai, gawir, tebing jalan, atau jika lereng mengalami gangguan. (Ssr/A-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Irvan Sihombing

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat