visitaaponce.com

Terminal Jatijajar Depok Siapkan 48 Bus Mudik Gratis

Terminal Jatijajar Depok Siapkan 48 Bus Mudik Gratis
Sejumlah penumpang menunggu bus AKAP di Terminal Jatijajar, Depok, Jawa Barat.(ANTARA/Asprilla Dwi Adha)

PELAKSANA Terminal Jatijajar Kota Depok, Jawa Barat menyediakan 48 bus gratis untuk arus mudik dan arus balik Idulfitri 2022.

"Tahun ini kita menyediakan 48 bus gratis untuk arus mudik dan arus balik," kata Koordinator Satuan Pelaksana Pelayanan Terminal Tipe A Jajijajar Asri Manuel Sinuraya, Jumat (15/4).

Kota yang dituju untuk layanan pemudik yaitu Tegal, Semarang, Demak, Kudus, Boyolali, Solo, Klaten, Wonogiri, Wonosari, Yogyakarta, Magelang, Wonosobo, Kebumen, dan Purwokerto.

Baca juga: Wapres Minta Pemudik Lebaran Berhati-Hati dan Patuhi Prokes

Sedangkan kota keberangkatan arus balik yaitu, Yogyakarta, Solo, Wonogiri, Semarang, dan Purwokerto.

Syarat mengikuti layanan mudik gratis antara lain pemudik telah mendapatkan vaksinasi dosis lanjutan alias booster serta telah mendapatkan vaksin dosis pertama dan kedua.

"Kemudian, pemudik dengan kondisi kesehatan khusus atau penyakit komorbid yang menyebabkan pelaku perjalanan tidak dapat menerima vaksinasi, wajib menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 3x24 jam sebelem keberangkatan, " katanya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok Anton Tofani Muharram menambahkan  antusias pemudik Kota Depok melonjak setelah dua tahun dilarang.

"Pendaftar mudik gratis Lebaran Tahun 2022 banjir peminat. Para calon pemudik berbondong-bondong mendatangi Terminal Margonda untuk mendaftar mudik gratis, " katanya.

Tetapi, karena kuota kursi 1.500 sudah habis, Dishub terpaksa menolak warga yang mendaftar mudik gratis tersebut.

"Kami mohon maaf terpaksa menolak orang karena kuota yang tersedia sudah terisi," kata Anton.

Anton mengatakan, mudik gratis tahun ini disediakan sebanyak 48 bus, dengan total jumlah penumpang 1.500 orang untuk tujuan 14 kota.

 "Mudah-mudahan tahun depan bisa ditambah, sehingga kami juga menyediakan layanan mengangkut  warga yang mudik gratis," ucapnya.

Anton menambahkan, pihaknya sudah mengecek kelaikan bus untuk mudik gratis ini dan seluruhnya layak operasi. Jika misal ada bus tidak normal diganti dengan yang baru.

Menurut Anton, mudik Lebaran gratis Ini adalah program Kementerian Perhubungan Republik Indonesia.

Keberangkatan dengan bus akan dilakukan di Terminal Tipe A Jatijajar, Jalan Raya Bogor, Kelurahan Jatijajar, Kecamatan Tapos pada 28 April 2022. (OL-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat