visitaaponce.com

Puncak Arus Balik Lebaran di Terminal Bus Jatijajar Depok Diprediksi H5

Puncak Arus Balik Lebaran di Terminal Bus Jatijajar Depok Diprediksi H+5
Sejumlah penumpang menunggu bus AKAP di Terminal Jatijajar, Depok, Jawa Barat.(ANTARA/Asprilla Dwi Adha)

PUNCAK arus balik usai libur Idulfitri di Terminal Tipe A Jatijajar Kota Depok diprediksi akan terjadi pada H+5 Lebaran atau Sabtu (7/5).

Hal itu diutarakan Kepala Satuan Pelaksana Pelayanan Terminal Tipe A Jatijajar Asri Imanuel Sinuraya, Rabu (4/5) di Terminal Tipe A  atijajar, Jalan Raya Bogor, Kelurahan Jatijajar, Kecamatan Tapos, Kota Depok.

Asri menjelaskan puncak arus balik akan berbeda dengan arus mudik. Karena, pada arus mudik, semua pemudik menargetkan pada hari H Lebaran harus tiba di tujuan. 

Baca juga: Tol Semarang-Jakarta dan Bakauheni-Merak Berpotensi Alami Lonjakan Arus Balik

"Sedangkan untuk arus balik menyesuaikan dengan kegiatan masing-masing," ucap Asri.

Disampaikan, peningkatan jumlah pemudik dikarenakan terjadi libur akhir pekan, yakni pada H+5 yaitu Sabtu (7/5).

"Pemudik-pemudik yang balik H+5 usai Lebaran punya jeda untuk istrahat sebelum kembali melakukan rutinitas Senin (9/5). "

Ia mengatakan, arus balik di Terminal Jatijajar akan mulai terlihat pada Jumat atau H+4. “ Namun puncak arus balik dipastikan terjadi Sabtu,” kata Asri.

Prediksi tersebut, menurut dia, setelah terpantau arus mudik sejak H-7 pada 25 April 2022 sampai H-3 pada 29 April 2022.

Asri mengatakan, saat ini, pemudik yang balik dari daerah Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Sumatra di kantong-kantong parkir pelataran Terminal Jatijajar, masih sepi. 

"Artinya belum mulai terlihat kepadatan pemudik," paparnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Depok Marbudiantono mengimbau warga yang mudik agar kembali ke Kota Depok lebih awal untuk menghindari kepadatan lalu lintas.

"Karena pada tanggal 7 dan 8 nanti akan terjadi puncak arus balik yang cukup tinggi," kata dia.

Marbudiantono memperkirakan puncak arus balik usai liburan Idulfitri akan terjadi pada 7-8 Mei 2022 sehingga volume kendaraan bakal tinggi.

Marbudiantono menuturkan warga yang kembali ke ke Kota Depok sebelum 7-8 Mei akan lebih nyaman di dalam perjalanan daripada harus terjebak macet karena terkonsentrasi pulang pada hari yang sama. 

"Kalau memang waktu cutinya cukup, bisa pulang setelah tanggal 9," ujarnya. (OL-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat