visitaaponce.com

Polda Metro Pastikan Laporan Roy Suryo Soal Meme Borobudur Masih Berlanjut

Polda Metro Pastikan Laporan Roy Suryo Soal Meme Borobudur Masih Berlanjut
Potret Roy Suryo saat menghadiri acara Partai Demokrat pada 2018 lalu.(Antara)

POLDA Metro Jaya (PMJ) memberikan klarifikasi soal laporan yang dilayangkan eks Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo terhadap tiga pengunggah pertama meme stupa Candi Borobudur, yang wajahnya diedit mirip Presiden Joko Widodo.

Kabid Humas PMJ Kombes Endra Zulpan menyanggah soal pemberitaan yang menyebut laporan dari Roy Suryo telah dihentikan penyelidikannya. Dia menegaskan bahwa laporan tersebut masih diselidiki oleh pihak kepolisian.

"Kalau ada media yang menulis dihentikan penyidikannya, itu salah. Penghentian penyidikan itu kan SP3. Ini belum dilakukan penghentian penyidikan. Masih dilakukan penyelidikan," jelas Zulpan, Jumat (29/7).

Baca juga: Roy Suryo Dinilai Kooperatif, Polisi tidak Lakukan Penahanan

Sejauh ini, lanjut dia, memang belum ditemukan adanya unsur pidana dari laporan Roy Suryo tersebut. Pihak kepolisian masih terus melakukan penyelidikan. "Memang belum ditemukan unsur pidananya, tetapi masih terus digali," imbuhnya.

Sebelumnya, viral beberapa foto di media sosial Twitter tentang foto stupa Candi Borobudur, yang mirip wajah Presiden Joko Widodo. Unggahan itu ditambah dengan keterangan "Si stupa Candi Borobudur ada patung dewa anyar".

Lalu, ada juga unggahan patung Candi Borobudur lainnya. Dalam unggahan itu diberi keterangan 'pantas saja tiketnya mahal, ternyata opung sudah buat patung "I Gede Utange Jokowi" untuk tambahan dana bangun IKN'.

Baca juga: Polisi Tangkap Pemilik Akun @rakyatjelata_98

Kedua foto itu diunggah oleh akun Twitter @KRMTRoySuryo2. Dalam unggahan itu dia menuliskan narasi "mumpung akhir pekan, ringan2 saja Twit-nya". Setelah viral, Roy menghapus cuitannya tersebut, lantaran dia takut digiring BuzzerRp. 

Adapun Roy telah meminta maaf atas kegaduhan yang terjadi, khususnya kepada umat Buddha. Dirinya menegaskan bukan pengedit foto stupa, melainkan hanya ikut mengunggah. Roy kemudian melaporkan tiga akun Twitter yang pertama kali mengunggah meme tersebut. 

Selang beberapa hari, Roy dilaporkan ke polisi terkait meme Candi Borobudur. Satu laporan dibuat pelapor atas nama Kurniawan Santoso di PMJ. Lalu, laporan lain yang dilimpahkan dari Bareskrim Polri dengan pelapor atas nama Kevin Wu.(OL-11)
 

 

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat