visitaaponce.com

Anies Resmikan TPU Karet, Media Belajar Masyarakat Mengenang Pahlawan

Anies Resmikan TPU Karet, Media Belajar Masyarakat Mengenang Pahlawan
Ilustrasi(MI/ Insi Nantika Jelita )

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan Taman Makam Tokoh Bangsa di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Karet Bivak, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Ia menjelaskan, Jakarta merupakan simpl para tokoh berbagai macam bidang, dimana karya-karya mereka dinikmati oleh masyarakat Indonesia. "Jakarta adalah tempat di mana begitu banyak aktivitas pergerakan, perjuangan, dan kebangsaan bermula," ujar Anies saat sambutannya, pada Kamis (13/10).

Meskipun, para tokoh Indonesia yang tersear di berbagai wilayah, Anies menjelaskan banyak diantaranya juga yang lahir, hidup, berkarya hingga wafat di Kita Jakarta.

"Dan TPU Karet Bivak ini ternyata adalah lokasi peristirahatan mereka yang terakhir. Walaupun mereka tidak dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata karena persoalan administrasi, namun ternyata mereka juga selalu dikenang oleh masyarakat," imbuh Anies.

Calon Presiden 2024 usungan partai NasDem ini berharap lokasi tersebut bisa menjadi tempat pembelajaran bagi masyarakat, untuk melihat para tokoh yang sudah berjasa bagi Indonesia khususnya Jakarta.

"Jadi di taman ini pula, kami buatkan sebuah museum. Yang di dalamnya terdapat berbagai macam biografi tokoh-tokoh bangsa yang dimakamkan di sini," beber Anies.

Tokoh yang dimaksud Anies bukan hanya tokoh perjuangan kemerdekaan saja. Tetapi juga tokoh bola, kuliner, pemain film, dan sebagainya, yang memang zaman dahulu populer dan dikenang oleh masyarakat hingga saat ini.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertamanan dan Hutan Kota, Suzi Marsitawati menjelaskan tujuan utama pembangunan Taman Makam Tokoh Bangsa adalah sebagai tempat publik dalam menghayati para tokoh-tokoh bangsa.

"Supaya para tokoh-tokoh bangsa ini selalu dikenang dan diceritakan kepada generasi-generasi yang akan datang," ujar Suzi.

Suzi pun mengatakan desain taman sekaligus museum tersebut mengusung konsep modern minimalis. Ia juga menginformasikan bahwa Taman Makam Tokoh Bangsa berlokasi di TPU Karet Bivak dengan luas lahan 1.310 meter persegi.

Dengan luas bangunan 980 meter persegi, yang terdiri dari dua lantai (satu lantai lainnya berada di bawah tanah). Kemudian, luas keseluruhan TPU Karet Bivak mencapai 16 hektare, dengan 63.000 petak makam. (OL-12)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Retno Hemawati

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat