visitaaponce.com

Dua Pekan Ini Tiga Angkot Terbakar di Jalan Raya di Kota Depok, Ada Apa

Dua Pekan Ini Tiga Angkot Terbakar di Jalan Raya di Kota Depok, Ada Apa?
Sebuah mobil angkutan kota (angkot) jurusan Ciputat - Pondok Labu terbakar tepat di lampu merah Lebak Bulus,TB Simatupang, Jakarta, Selasa ((MI/Susanto)

SELAMA dua pekan tiga angkutan kota (angkot) di Kota Depok, Jawa Barat terbakar. Penyebab angkot terbakar diduga karena perawatan kurang dan usia angkot sudah tua.

Tiga angkot terbakar yaitu angkot trayek D-03 jurusan Parung- Terminal Margonda. Angkot nomor 41 trayek Kampung Rambutan-Cibinong. Satunya lagi angkot 37 trayek Kampung Rambutan-citeureup.

Menurut Ketua Organisasi Angkutan Darat (Organda) Kota Depok Muhammad Hasyim, kebakaran tiga angkot karena kurang perawatan dan angkot tak layak lagi beroperasi lantaran usia angkot sudah tua.

"Dari temuan Organda Kota Depok, tiga angkot yang ludes terbakar tersebut karena sudah tua. Selain sopir membiarkan bagian yang rusak, segel bocor, atau kabel yang rusak tanpa perbaikan, membuat angkot lebih ramah terhadap kondisi yang menyebabkan kebakaran," ucap Hasyim, menjawab mediaindonesia.com,  Selasa (25/10).

Kesalahan ini menjadi penyebab langsung kebakaran angkot karena ceroboh dalam perawatan yang berbahaya terhadap penumpang. Kendaraan tua dan tidak terawat sering kebakaran saat dioperasikan di jalan raya, dan sebenarnya tidak diboleh lagi untuk mengangkut, dan menurunkan penumpang di jalan umum.

"Sebenarnya kalau sudah tua sudah tak boleh lagi beroperasi mengangkut penumpang di jalan raya karena membahayakan. Ini karena pengawasan Dishub lemah," ujarnya.

Hasyim mengimbau pemilik angkot sebaiknya meremajakan angkot-angkot tua diganti dengan angkot terkini sehingga penumpang aman dan selamat saat angkot dioperasikan di jalan raya.

Di Kota Depok, lanjutnya masih ditemukan banyak angkot yang tidak layak beroperasi untuk mengangkut, dan menurunkan penumpang. "Hampir di seluruh penjuru wilayah di Kota Depok saat ini masih ditemukan angkot tua dan ini beresiko jika dioperasikan," ujarnya.

Ia mencontohkan angkot D-03 trayek Parung-Terminal Kota Depok yang terbakar kemarin pagi (24/10) saat melintas di Pertigaan Parung Bingung, di Sawangan. Terbakarnya angkot karena korsleting kabel. Angkot tersebut tiba-tiba mengeluarkan percikan api di bagian bawah jok pengemudi. Beruntung penumpang angkot nahas ini selamat.

Dalam hitungan 10 menit, Hasyim menjelaskan api menghanguskan seluruh bagian mobil. Api pun semakin membesar. Saat kejadian, angkot membawa 6 orang penumpang.

Kejadian ini membuat sekitaran Sawangan jadi macet. Banyak warga sekitar berdatangan menyaksikan dan ada juga yang membantu memadamkan. Setelah api padam, petugas pemadam kebakaran dipimpin Kepala Bidang Pengendalian dan Operasional Welman Naipos-pos mengevakuasi angkot ke pinggir jalan raya.

Begitu juga dengan kebakaran angkot di Jalan Raya Bogor, Cimanggis, dan kebakaran angkot di Jalan Margonda juga karena kulit-kulit kabel angkot rapuh dan menyebabkan percikan api.

"Tak ada korban jiwa dalam insiden yang menghanguskan tiga angkot ini. Angkot ini kemudian dievakuasi ke tepian jalan agar lalu lintas lancar," ungkap Welman. (OL-13)

Baca Juga: Polrestabes Semarang Masih Selidiki Misteri Mayat Tanpa Kepala ...

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Muhamad Fauzi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat