visitaaponce.com

Trotoar Medan Merdeka Selatan Direvitalisasi, DPRD Ingatkan Jangan Tebang Pohon

Trotoar Medan Merdeka Selatan Direvitalisasi, DPRD Ingatkan Jangan Tebang Pohon
Ilustrasi trotoar(MI)

KETUA Komisi D DPRD DKI Jakarta Ida Mahmudah mengingatkan kepada Dinas Bina Marga DKI Jakarta agar dalam melakukan revitalisasi trotoar sedapat mungkin tidak menebang pohon. Hal itu dikatakan kala menanggapi kegiatan revitalisasi trotoar di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, oleh Dinas Bina Marga DKI.

Ia tidak mau peristiwa penebangan ratusan pohon saat Pemprov DKI merevitalisasi Monumen Nasional kembali terulang. Terlebih untuk menarik minat masyarakat berjalan kaki, selain melakukan revitalisasi trotoar ada baiknya mempertahankan pohon-pohon besar yang ada agar berjalan kaki menjadi aktivitas yang nyaman.

"Untuk penataan saya setuju. Tapi tidak ada pemotongan pohon apalagi pohon besar. Karena gini, kalau mau buat trotoar atau buat orang berjalan enak, kita butuh pohon besar," kata Ida saat dihubungi, Kamis (8/12).

"Nah, pohon yang sudah berpuluh-puluh tahun, saya berharap betul tidak ada dinas manapun yang boleh memotong pohon itu," pungkasnya.

Baca juga: Tahun Depan, DKI Kucurkan Rp171 Miliar untuk Bangun Trotoar

Selain untuk penghijauan, pohon-pohon besar berusia puluhan tahun di depan Balai Kota DKI hingga ke depan kantor Kementerian BUMN tersebut juga berfungsi sebagai penyerap air di kawasan tersebut.

Ia pun meminta agar Dinas Bina Marga bisa berkoordinasi dengan Dinas Pertamanan dan Hutan Kota agar tidak sembarangan menyentuh pohon-pohon rindang serta jalur hijau selama melakukan revitalisasi trotoar tidak hanya di kawasan Medan Merdeka tetapi juga di kawasan lainnya.

"Kalau memang dia ada pergeseran taman yang akan dibuka untuk kepentingan dan kebutuhan Bina Marga, harus ada komunikasi pastinya. Karena aturan harus dia tahu, tidak sembarangan dia ubah. Jangan orang Dinas Taman sudah mengeluarkan taman nanti diacak-acak lagi sama dia," tuturnya.(OL-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat