visitaaponce.com

Penjabat Gubernur DKI Didesak Buka kembali Pelabuhan KCN Marunda

Penjabat Gubernur DKI Didesak Buka kembali Pelabuhan KCN Marunda
Massa berdemonstrasi di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (12/1).(DOK Pribadi.)

MASSA dari Perhimpunan Buruh Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM), sopir truk, dan para pekerja Pelabuhan Marunda yang tergabung dalam Wadah Asosiasi Pengguna Jasa Pelabuhan (Penjaspel) Marunda menggeruduk Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (12/1). Massa mendesak Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono untuk membuka kembali Terminal Umum Pelabuhan PT Karya Citra Nusantara (KCN) yang ditutup sejak Juni 2022.

Dalam orasinya, massa yang tergabung dalam Asosiasi Pengguna Jasa Pelabuhan (Penjaspel) Marunda mengaku sudah tak bekerja 7 bulan semenjak pelabuhan KCN ditutup. Mereka menuntut Heru Budi menerbitkan izin untuk membuka kembali pelabuhan KCN. "Pak Gubernur, tolong, Bapak pernah jadi Wali Kota Jakarta Utara. Untuk cari makan, kami sudah 7 bulan tidak bekerja. Mohon PT KCN dibuka kembali biar kami bisa bekerja!" kata orator di lokasi, Kamis (12/1).

"Kami sudah tidak bisa menafkahi keluarga. Kami sudah tidak bisa membayar BPJS karena tidak bekerja. Kami di sini mewakili ribuan orang yang menjadi pengangguran akibat Pelabuhan KCN ditutup," sahut orator lain.

Ditemui di kesempatan yang sama Koordinator Penjaspel, Fudyanpo Kamin, menegaskan pihaknya mengantongi bukti kajian ilmiah bahwa kegiatan bongkar muat di pelabuhan KCN tidak menyebabkan pencemaran debu batu bara. Ironinya, setelah pencabutan izin lingkungan KCN yang konon karena kegiatan bongkar muat batubara di pelabuhan KCN, justru masyarakat sekitar masih terdampak polusi pencemaran debu batu bara. Padahal KCN sudah lama tidak beroperasi. "Ini memperkuat dugaan kami kalau KCN tidak lebih dari korban salah tangkap dari Dinas LH DKI," katanya.

Senada dengan Fudy, Perwakilan Asosiasi Pengguna Jasa Pelabuhan (Penjaspel) Munif menyatakan sudah menduga dari awal bahwa Pelabuhan KCN merupakan korban dari kebijakan Dinas LH Jakarta yang dilakukan secara sembrono dan ugal-ugalan dalam prosedur, tanpa kajian ilmiah yang rinci tentang sumber pencemaran debu batu bara berasal dan tidak memikirkan dampaknya bagi kepentingan masyarakat banyak. "Dampak penutupan Pelabuhan KCN adalah ribuan orang jadi pengangguran, antrean sandar kapal meningkat pesat, waktu bongkar muat jadi lama, kemacetan parah di Marunda, truk-truk jadi lambat ritasenya, biaya logistik naik tinggi tetapi pencemaran udara di Marunda makin parah." 

Fudyanpo dan Munif berharap Pemprov DKI Jakarta bisa memahami derita masyarakat kecil seperti para buruh, sopir truk, dan para pekerja yang selama ini menggantungkan nasib di Pelabuhan KCN Marunda. Mereka meminta janganlah nasib ribuan orang kecil dikorbankan akibat salah kebijakan dan salah tangkap. "Penjaspel akan terus berdemo sampai pelabuhan KCN dibuka kembali seluruhnya," tegas mereka. (RO/OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat