visitaaponce.com

Penghargaan Jakarta Lestari IAI Jakarta Kaya akan gagasan swadaya dalam pelestarian lingkungan

Penghargaan Jakarta Lestari IAI Jakarta : Kaya akan gagasan swadaya dalam pelestarian lingkungan
Penjurian penghargaan Jakarta Lestari IAI Jakarta(Dok. IAI Jakarta)

IKATAN Arsitek Indonesia (IAI) Jakarta telah menggelar penjurian untuk Penghargaan Jakarta Lestari, bertempat di Jakarta Design Center, Jakarta pada Selasa (14/2). Kegiatan tersebut berlangsung selama dua hari untuk menentukan penerima penghargaan dari 6 kategori yang ada dalam rangkaian Penghargaan Jakarta Lestari IAI Jakarta.

Tim Juri yang terlibat antara lain, Ketua Bidang Penghargaan IAI Jakarta Cosmas Gozali, Ketua Kehormatan IAI Jakarta Deni Desvianto, Inisiator Waroeng Imaji dan Lovecare Indonesia Veronica Tan, Perwakilan dari Dinas Cipta Karya, Tata Ruang dan Pertanahan Ashdianna Rahmatasari, Kepala Biro Pembangunan dan Lingkungan Hidup Jakarta Iwan Kurniawan, Arsitek Praktisi Her Pramtama, Sutradara dan Penulis naskah Makbul Mubarak, serta Penasehat Ahli Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Pauline Boedianto.

“Total ada 139 karya yang kami terima dan dari pandangan para juri, penilaian dan penghargaan ini merupakan terobosan yang positif agar masyarakat lebih bergairah untuk secara swadaya melestarikan lingkungan atau hunian mereka, selain itu tentu dapat menjadi masukan bagi Pemerintah Provinsi Jakarta dalam menentukan arah pembangunan yang mempunyai visi keberlanjutan atau sustainability lingkungan bagi masyarakat” Jelas Ketua Penyelenggara Penghargaan Jakarta Lestari, Cosmas Gozali.

Sementara itu Inisiator Waroeng Imaji dan Lovecare Indonesia, Veronica Tan berharap karya-karya yang masuk dapat menjadi pembelajaran yang baik bagi para Arsitek, Pemerintah Provinsi Jakarta serta Masyarakat luas. 

Baca juga : Jakarta Ajak Bodetabek untuk Bersinergi Kendalikan Inflasi

“Selama proses penjurian, kami semua sangat terkejut karena banyak karya yang diluar dugaan memiliki gagasan yang inspiratif bukan hanya di tataran konsep namun beberapa gagasan sudah berjalan dan memiliki peran positif bagi lingkungan kota Jakarta” Ujar Veronica.

Penghargaan Jakarta Lestari adalah sebuah acara penghargaaan yang diselenggarakan oleh IAI Jakarta untuk memperkenalkan dan mengedukasi kalangan Arsitek, Masyarakat umum dan beragam institusi mengenai gagasan yang berperan bagi pelestarian dan perbaikan kualitas lingkungan hidup di Jakarta.

Acara puncak penghargaan Jakarta Lestari akan dilaksanakan pada 25 Februari 2023 di Taman Literasi Martha Tiahahu, Blok M, Jakarta Selatan. Dimeriahkan oleh Festival budaya Betawi, Sustainability Talkshow, pertunjukan musik serta penyerahan Penghargaan Jakarta Lestari bagi para pemenang dari setiap kategori. 

“Pemilihan Taman Literasi sebagai lokasi acara puncak karena merupakan salah satu ikon revitalisasi ruang publik yang ada di Jakarta, lokasinya sangat strategis sehingga kami berharap masyarakat dapat ikut hadir dan menyaksikan hari selebrasi untuk Jakarta yang lebih hijau, asri dan lestari” ujar Cosmas. (RO/OL-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat