visitaaponce.com

DKPKP DKI Masih Observasi Anjing Hasil Penggerebekan

DKPKP DKI Masih Observasi Anjing Hasil Penggerebekan
Ilustrasi: anjing di rumah pemotongan hewan (RPH) ilegal.(Dok.MI)

KEPALA Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian DKI Jakarta Suharini Eliawati mengamankan sejumlah anjing dari lokasi penjagalan dan pemeliharaan anjing ilegal di Jakarta Barat beberapa waktu lalu.

"Jadi memang kita Pemprov itu sesungguhnya mendapat aduan kan pasti. Pertamanya dari kawan-kawan komunitas di antaranya animal defender," ujar Eli sapaan akrabnya saat dihubungi awak media, Selasa (28/2).

Ia mengatakan, pengamanan 56 ekor anjing tersebut buntut dari pemilik tidak memiliki kelengkapan dokumen dan surat legal kepemilikan.

"Nah pada waktu itu, pada kejadian itu memang tertangkap tangan lah sejumlah beberapa ekor itu, itu yang datang dari luar kota Jakarta memang tanpa dilengkapi dengan dokumen-dokumen lengkapnya," ujarnya.

Pasalnya, anjing tersebut berasal dari daerah Sukabumi, Jawa Barat. Eli mengatakan, kawasan tersebut merupakan daerah yang tidak bebas Rabies, oleh karenanya hal itu patut diwaspadai pihaknya.

"Nah kebetulan daerah sukabumi itu daerah yang tidak bebas rabies itu yang perlu kita waspadai," papar Eli.

Baca juga: Dokter Susana Somali Gunakan Rumahnya untuk Merawat Anjing Sakit

Selanjutnya, sejumlah anjing yang saat ini tengah dikarantina di Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan akan dikarantina selama 14 hari. Setelahnya, jika tidak ditemukan Rabies, pihaknya akan menyerahkan ke komunitas untuk dipelihara.

"Jadi saya harus observasi selama 14 hari sambil kita liat itu si anjingnya, Nanti setelah 14 hari kita observasi kemudian ternyata dia (anjing) tidak terdeteksi rabies baru kemudian kita serahkan ke kawan-kawan di komunitas untuk dipelihara," tukas Eli.

Sebelumnya, sebuah tempat penjualan anjing di Kelurahan Kapuk, Kecamatan Cengkareng, Jakarta Barat digerebek petugas tadi pagi. Diduga, lokasi tersebut juga menjadi tempat penjagalan daging anjing.

Penggerebekan ini dilakukan oleh petugas Dinas KPKP DKI Jakarta yang didampingi oleh kepolisian, komunitas pecinta hewan, dan Anggota DPRD DKI Jakarta. Di lokasi tersebut, tampak puluhan anjing yang dilepas di sekitar tempat penjualan dan sebagian lagi berada di dalam kandang. (OL-17)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat