visitaaponce.com

Jumat Ini, Markas Polda Metro Jaya Berlakukan Car Free Day

Jumat Ini, Markas Polda Metro Jaya Berlakukan Car Free Day
Polda Metro Jaya(ANTARA)

HARI bebas kendaraan atau car free day akan diberlakukan di markas Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, pada Jumat (3/3).

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan kebijakan tersebut dilakukan untuk mengurangi polusi udara sekaligus mengajak masyarakat dan personel Polri untuk naik transportasi umum.

Ia mengatakan kebijakan car free day tersebut telah dilakukan uji coba sejak pekan lalu. Ia berharap masyarakat dapat mematuhi kebijakan tersebut dan meminta personel naik transportasi umum menuju Polda Metro Jaya.

"Kami mohon dukungan terkait car free day yang ada di Polda Metro. Kita mendorong masyarakat dan juga personel Polri di Polda Metro Jaya ini menggunakan angkutan umum," kata Trunoyudo di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Rabu (1/3).

Trunoyudo mengatakan car free day merupakan salah satu resolusi Kapolda Metro Jaya Irjen M Fadil Imran untuk mengurangi polusi udara. Selain car free day, Kapolda juga akan menerapkan hutan kota dan menggalakkan gerakan seribu langkah sehari.

Baca juga: Polda Metro Tangkap Debt Collector yang Maki-maki Polisi

Trunoyudo menjelaskan terdapat kendaraan yang diperbolehkan memasuki kawasan markas Polda Metro Jaya pada car free day nanti. Ia mengatakan mobil dinas dan kendaraan operasional masih diperbolehkan. Sedangkan pelayanan cek fisik kendaraan juga diperbolehkan, tetapi jumlahnya dibatasi. 

"Kita masih melakukan pelayanan ini seperti cek fisik baik kendaraan roda empat dan roda dua ini dibatasi pada satu hari untuk motor ada 300, untuk mobil ada 200," ungkapnya.

Sedangkan untuk masyarakat yang memiliki keperluan lain ke Polda Metro Jaya, seperti membuat pelaporan, dapat menaiki angkutan umum yang tersedia yakni Moda Raya Terpadu (MRT) dan TransJakarta. Ia mengatakan pelayanan kepolisian pada car free day tetap berjalan seperti biasa.

"Pelayanan publik tetap berjalan, artinya kita mencoba ramah lingkungan yang bebas polusi udara dan mengembangkan hutan kota," tukasnya.(OL-5)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat