visitaaponce.com

DPRD Kota Bogor Minta Program Kampung KB Harkat Ada Ditiap Kelurahan

DPRD Kota Bogor Minta Program Kampung KB Harkat Ada Ditiap Kelurahan
Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim dan Anggota Komisi IV DPRD Kota Bogor, Lusiana Nurissiyadah mewakili Ketua DPRD Kota Bogor.(MI/HO)

KAMPUNG KB Harkat, Kelurahan Cimahpar, Kecamatan Bogor Utara menjadi peserta lomba Kampung Keluarga Berkualitas tingkat Jawa Barat yang diselenggarakan oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN). Proses penjurian yang dilaksanakan pada Kamis (2/3) dihadiri langsung oleh Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim dan Anggota Komisi IV DPRD Kota Bogor, Lusiana Nurissiyadah mewakili Ketua DPRD Kota Bogor.

Selama proses penilaian, Lusiana melihat Kampung KB Harkat, Kelurahan Cimahpar memiliki fasilitas penunjang untuk bisa memenangkan perlombaan ini. Di sana, terdapat rumah Dataku yang menghimpun data-data dasar masyarakat, yang terdiri dari jumlah warga per rumah dengan detil, pekerjaan, fasilitas jalan, sarana kesehatan, sarana pendidikan dan peta kebencanaan.

Tak hanya itu, keberadaan fasilitas umum (Fasum) Rekreasi yang menunjang kegiatan masyarakat juga menunjukkan visi dan misi Kota Bogor sebagai Kota Ramah Keluarga.

"Data seperti ini sangat penting sebagai dasar pembangunan yang bertujuan mengurangi angka stunting dan memastikan masyarakat kita sehat," ujar Lusiana, dalam keterangan persnya, Sabtu (4/3/2023).

Dengan apa yang ditunjukkan oleh Kampung KB Harkat, Kelurahan Cimahpar, Lusiana mendorong Pemerintah Kota Bogor untuk mengembangkan program ini ke kampung lain di seluruh Kelurahan yang ada di Kota Bogor.

Hal ini bertujuan untuk memastikan pembangunan masyarakat yang dijanjikan oleh Pemerintah Kota Bogor melalui RPJMD 2019 - 2024 bisa terlaksana, disamping menjalankan program nasional untuk penurunan stunting serta menurutnkan angka kematian ibu dan bayi.

Sebab, ditahun terakhir kepemimpinan Wali Kota Bogor sekarang, Lusiana masih menilai kurangnya pembangunan masyarakat dan Pemerintah Kota Bogor masih berfokus kepada pembangunan fisik saja.

"Jadi memang pembangunan masyarakat ini harus dimulai dan disebarluaskan. Pemkot Bogor jangan hanya berfokus pada infrastruktur saja, karena kalau Kampung KB Harkat bisa, mengapa yang lain tidak," tegasnya.

Untuk memastikan program ini merata ke setiap kelurahan yang ada di Kota Bogor, Lusiana menjanjikan akan mendukung penuh program ini dari segi anggaran dan akan mengawasi kinerja dari dinas terkait untuk bisa menjalankan programnya.

"Kami di DPRD Kota Bogor siap memberikan dukungan kebijakan anggaran dan mengawasi kinerja dinas terkait agar program kampung KB ini bisa tersebar di seluruh kelurahan Kota Bogor," pungkasnya. (OL-13)

Baca Juga: Ketua DPRD Ingatkan 4 Hal kepada Masyarakat Kota Bogor

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Muhamad Fauzi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat