visitaaponce.com

Cash Back Hingga Beli 9 Gratis 1 jadi Trik PT Naila Tarik Minat Calon Korban Penipuan Umrah

Cash Back Hingga Beli 9 Gratis 1 jadi Trik PT Naila Tarik Minat Calon Korban Penipuan Umrah
Ilustrasi keberangkatan jemaah umrah(Antara Foto/Umarul)

POLDA Metro Jaya menyatakan PT Naila Safaah Wisata Mandiri gunakan modus harga yang lebih murah, cash back atau promo uang kembali dan beli sembilan gratis satu. PT Naila adalah travel umrah yang diduga melakukan penipuan pada ratusan calon jemaah umrah.

"Mereka rata-rata mengincar keluarga, jadi biasanya iming-iming apabila bisa mengajak sembilan orang bisa gratis satu. Rata rata mengajak, bapak ibu atau keluarga," kata Kasubdit Harda Ditrektorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Kompol Ratna Quratul Ainy, (29/3).

Ratna juga mengatakan PT Naila menawarkan paket umrah dengan wisata ke Dubai, Uni Emirat Arab. Hal tersebut pun membuat para korban tertarik untuk membeli paket umroh tersebut. Ia juga menjelaskan, harga paket umrah yang ditawarkan oleh PT Naila berkisar dari Rp30 juta hingga Rp38 juta.

Baca juga: Travel Umrah Penipu, PT Naila, Memiliki Lebih dari 300 Cabang

"Cash back Rp2 juta mereka yang mampu mengumpulkan sembilan jemaah dan gratis satu jemaah. Ya, Dengan iming iming itu jemaah merasa lebih tertarik dengan harga yang lebih murah, cash back dan gratis satu," imbuhnya.

Sebelumnya, Polisi telah menangkap pemilik travel umrah yang menipu ratusan jemaah hingga menelantarkannya di Arab Saudi dan tidak bisa pulang ke Tanah Air.

Baca juga: Komnas Haji Minta Travel PT Naila Penipu 500 Jemaah Umrah Ditindak Tegas

Tersangka yakni, Mahfudz Abdulah alias Abi (52) dan istrinya Halijah Amin alias Bunda (48). Keduanya ditangkap di salah satu kamar unit hotel di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Adillah Syariah.

Hal itu diungkap Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, Kombes Hengki Haryadi.

"Pelaku ditangkap pada 27 Februari 2023," kata dia kepada wartawan, Selasa (28/3).

Sebelumnya diberitakan, polisi mengungkap lagi penipuan umrah. Kali ini, jumlah korbannya mencapai ratusan orang.

Terungkapnya penipuan ini setelah Satuan Tugas (Satgas) antimafia umroh Polda Metro Jaya menerima laporan dari Kementerian Agama (Kemenag) soal adanya jemaah umrah yang tidak bisa pulang ke Tanah Air.

(Z-9)


 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat