visitaaponce.com

2.428 Bus AKAP Siaga Jadi Angkutan Lebaran

2.428 Bus AKAP Siaga Jadi Angkutan Lebaran
Petugas melakukan pemeriksaan lampu kendaraan bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) yang melintas di Terminal Alang Alang Lebar Palembang(ANTARA FOTO/Feny Selly)

SEBANYAK 2.428 bus antar kota antar provinsi (AKAP) siap beroperasi untuk melayani angkutan lebaran. Jumlah ini, merupakan hasil pendataan Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta dalam rangka mempersiapkan angkutan lebaran.

"Dari total 2.258 bus AKAP yang ada, 2.428 siap menjadi angkutan lebaran dan sisanya 170 bus adalah angkutan cadangan," kata Kepala Bidang Angkutan Jalan Dishub DKI Jakarta Yayat Sudrajat saat dihubungi, Kamis (30/3).

Kemudian, melalui PT Transjakarta, Dishub DKI Jakarta telah memastikan ada 884 angkutan baik bus dalam koridor, non koridor serta mikrotrans yang memiliki rute dari dan menuju terminal AKAP yang siap beroperasi selama mudik lebaran. Di samping itu, Transjakarta juga tetap menyediakan angkutan malam hari (amari) yang dapat digunakan pemudik.

Baca juga: Dinkes DKI Dirikan Posko Kesehatan Mudik Lebaran

"Sebanyak 13 koridor angkutan malam hari melayani mulai pukul 22.00 - 05.00 WIB," jelasnya.

Dishub DKI, lanjut Yayat, juga telah melakukan pemeriksaan atau 'ramp check' seluruh kendaraan angkutan lebaran. Ada empat terminal utama diperuntukan sebagai titik angkutan lebaran 2023,  yakni Kampung Rambutan, Terminal Terpadu Pulo Gebang, Kalideres, dan Tanjung Priok.

Baca juga: Kadishub Klaim Anggaran Mudik Gratis Sesuai Kebutuhan

Selain itu, ada tiga terminal bantuan angkutan lebaran yang disiapkan yakni Lebak Bulus, Muara Angke, dan Grogol.

"Terminal tambahan disiapkan guna mengantisipasi lonjakan penumpang," tuturnya. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat