visitaaponce.com

Sampah di Jakarta Turun 70 saat Libur Lebaran

Sampah di Jakarta Turun 70% saat Libur Lebaran
Warga mengendarai sepeda motor melintas di depan tumpukan sampah di kawasan Kalibaru, Cilincing, Jakarta Utara.(Antara/Risyal Hidayat)

TONASE sampah yang dihasilkan warga DKI Jakarta turun hingga 70% saat libur lebaran yaitu 22-23 April 2023.

Berdasarkan data Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, timbulan sampah rata-rata per hari adalah 7.500 ton. Pada Hari Raya Idul Fitri, 22 April lalu, timbulan sampah turun menjadi 1.987 ton. \ari jumlah tersebut, mayoritas sampah berasal dari wilayah Jakarta Utara (463 ton) dan Jakarta Timur (443 ton).

Kemudian, pada 23 April, timbulan sampah sedikit meningkat menjadi 2.344 ton. Sebagian besar sampah berasal dari Jakarta Timur (630 ton) dan Jakarta Utara (439 ton).

Baca juga: Hujan Diprediksi Guyur Jabodetabek Hari Ini

Memasuki H+1 atau 24 April, timbulan sampah kembali meningkat menjadi 4.096 ton. Jakarta Timur kembali menjadi kontributor terbesar dengan 1.159 ton, disusul Jakarta Selatan 783 ton.

Humas Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Yogi ikhwan mengatakan turunnya jumlah timbulan sampah sudah diprediksi. Hal itu setiap tahun terjadi saat lebaran karena banyak warga ibu kota kembali ke kampung halaman.

Baca juga: KLHK Minta Pemudik tidak Gunakan Barang Sekali Pakai

"Ya, umumnya karena banyak yang mudik," kata Yogi saat dihubungi Media Indonesia, Rabu (26/4).

Dinas LH pun memprediksi timbulan sampah akan perlahan naik saat arus balik terjadi.

"Kembali normal nanti saat H+7," ujarnya.

Sementara itu, sejak H-4 lebaran, Dinas LH telah mengosongkan tempat penampungan sampah (TPS) yang ada di wilayah DKI agar bisa maksimal menampung sampah saat lebaran dan seterusnya. Kebijakan itu juga dilakukan agar lingkungan warga bisa lebih nyaman saat lebaran.

Selama libur lebaran, sebanyak 3 ribu petugas disiagakan untuk menjaga kebersihan Jakarta. Setiap kecamatan diisi oleh 70 petugas kebersihan yang siap membersihkan lingkungan.

Petugas-petugas itu juga disiagakan di titik-titik keramaian seperti dekat lokasi wisata, terminal, hingga stasiun. Selain itu, TPST Bantargebang juga tetap beroperasi selama libur lebaran. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat