visitaaponce.com

Waspada Banjir Kiriman, Tinggi Air di Bendung Katulamapa 150 CM Status Siaga 3

Waspada Banjir Kiriman, Tinggi Air di Bendung Katulamapa 150 CM Status Siaga 3
Debit air di Bendung Katulampa(Antara/Arif Firmansyah)

TINGGI Muka Air di Bendung Katulampa di Kota Bogor, Jawa Barat mengalami peningkatan drastis dan menyentuh level status siaga tiga banjir pada Rabu (3/5) atau pukul 20.00 WIB dengan ketinggian muka air 150 centimeter.

Ketinggian air terus naik dalam hitungan menit. Sebelumnya atau pada pukul 19.42 WIB ada di 140 cm, 13o cm di pukul 19.16 WIB, 110 cm di pukul 19.16 WIB, 80 cm di pukul 19.00 WIB setinggi 30 cm di pukul 18.00 WIB.

Menurut Petugas Jaga Bendung Katulampa, Andi Sudirman, air terus naik diakibatkan hujan dengan intensitas tinggi disertai petir terjadi merata baik di hilir maupun di hulu (kawasan Puncak).

Baca juga : Lebaran Usai, TPK Koja Kembali Beraktivitas Normal

"Sampai sekarang, pukul 20.25 WIB air masih bertahan di 150 cm dengan debit air 276 M3/ detik. Mohon pada warga sekitar Ciliwung Bogor, Depok, dan Jakarta agar waspada," kata Andi melalui sambungan telepon.

Kondisi air berwarna cokelat dengan derasnya mengalir cepat. Air diperkirakan sampai Jakarta 12 jam ke depan.

Baca juga : Depok-Bogor-Bekasi Diprediksi Diguyur Hujan Hari Ini

Sementara itu akibat hujan deras dan buruknya saluran air, terjadi genangan air yang cukup tinggi di sejumlah titik dan banjir lintasan.

Salah satunya di Kampung Kayumanis, RT 001/RW 001, Kelurahan Cibadak, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor.

Berdasarkan laporan kejadian bencana alam/non alam Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Kota Bogor, banjir lintasan di lokasi tersebut terjadi akibat tersumbatnya saluran aliran drainase oleh banyaknya sampah.

Kejadian ini menyebabkan 10 rumah milik warga sekitar terendam air akibat luapan aliran drainase dengan ketinggian air sekitar 40 cm-50 cm. Air luapan dari drainase merendam rumah warga selama kurang lebih 1,5 jam. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat