visitaaponce.com

Katulampa Siaga lll, Warga Bantaran Kali Ciliwung Diminta Waspada Banjir

Katulampa Siaga lll, Warga Bantaran Kali Ciliwung Diminta Waspada Banjir
Pengendara motor melintas di jembatan Bendung Katulampa, Bogor(Antara)

KETINGGIAN muka air di Bendung Katulampa, Bogor, Jawa Barat, menyentuh angka 100 centimeter atau berstatus siaga lll, Kamis (14/3). Tinggi muka air mulai naik pada pukul 14.39 WIB akibat hujan terus mengguyur wilayah Bogor. 

Dari data pos pemantauan, ketinggian air di Bendung Katulampa terus meningkat sejak pukul 11.00 WIB dari 50 centimeter naik ke angka 70 centimeter pada pukul 14.00 WIB.

"Ketinggian air 100 centimeter status siaga III," kata Petugas Bendung Katulampa, Jaenudin, dalam keterangannya, Kamis (15/3)..

Baca juga : Pemukiman Bidara Cina Terendam Banjir Setinggi 1 Meter

Jaenudin mengungkapkan, ada sekitar 138.129 liter per detik air di aliran Kali Ciliwung yang melintasi Bendung Katulampa. Air tersebut, lanjut Jaenudin, diperkirakan akan sampai ke wilayah Jakarta sekitar sembilan sampai 12 jam ke depan. 

Dirinya pun mengingatkan agar warga yang tinggal di bantaran kali Ciliwung untuk waspada.

"Kami imbau warga siaga dan waspada," serunya.

Baca juga : Waspada Banjir Kiriman, Tinggi Air di Bendung Katulamapa 150 CM Status Siaga 3

Sebelumnya, tinggi air Bendung Katulampa sempat berstatus siaga lll atau berada di angka 90 sentimeter pada Kamis pagi sekitar pukul 06.00 WIB. Tinggi air lalu kembali berangsur turun dan bertahan pada 50 centimeter atau berstatus normal. 

Namun, akibat hujan yang terus mengguyur wilayah Bogor menyebabkan tinggi air kembali naik hingga berstatus siaga lll pada siang ini. (Z-8)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat