visitaaponce.com

Polda Metro Rekayasa Lalu Lintas Selama Formula-E Berlangsung

Polda Metro Rekayasa Lalu Lintas Selama Formula-E Berlangsung
Petugas polisi mengatur arus lalu lintas.(MI/BILAL NUGRAHA GINANJAR)

POLDA Metro Jaya merekayasa lalu lintas guna mengantisipasi kepadatan kendaraan imbas adanya gelaran Formula-E di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Ancol, Jakarta Utara, yang akan berlangsung selama dua hari sejak Sabtu (3/6).

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman menyebutkan ada tiga cara yang akan dilakukan dan disesuaikan dengan situasi di lapangan.

"Ada kategori hijau, kuning, dan merah," kata Latif (3/6).

Latif melanjutkan, lalu lintas dikategorikan hijau jika kendaraan masih tertampung pada kantong parkir dalam Ancol. Tidak hanya itu, sirkulasi lalu lintas baik di dalam maupun di luar Ancol berjalan normal.

Selanjutnya, arus lalu lintas dikategorikan kuning jika kantong parkir dalam Kawasan Ancol sudah penuh dan sebagian jalan di dalam Ancol sudah digunakan sebagai lokasi parkir.

Baca juga: Latihan Bebas Kedua Formula E, Gunther Tercepat di AGI Jakarta Internasional Circuit

Latif membeberkan adapun cara bertindak yang dilakukan jika dikategorikan warna kuning ialah pertama, pengalihan arus lalin di setiap pintu masuk Ancol, Jembatan Hailay, traffic light Bintang Mas, traffic light Pasir Putih dan Jembatan PLTU arah ke pintu Karnaval.

Kedua, parkir diarahkan ke kantong parkir candang yaitu sekitaran Kemayoran. Ketiga, dari arah tol keluar Ancol Barat ditutup dialihkan ke arah Kemayoran

Terakhir, jika arus lalu lintas dikategorikan merah ialah apabila kantong parkir dalam kawasan Ancol sudah penuh dan sebagian jalan dalam Kawasan sudah dijadikan sebagai lokasi parkir.

Tidak hanya itu, kategori merah juga jika kantong parkir cadangan diluar Kawasan ancol sudah penuh. Berikutnya, jalan di sekitar kawasan Ancol (Lodan Raya, RE Martadinata) sudah macet.

Baca juga: Polda Metro Kerahkan 215 Personel untuk Pengamanan Formula-E

"Sirkulasi lalu lintas tidak bergerak Radius kemacetan 1 kilometer," ujar Latif.

Latif menerangkan, cara bertindak dilakukan pengalihan arus lalu lintas di setiap pintu masuk Ancol, perempatan Parangtritis, jembatan Hailay, traffic light bintang mas, traffic light manga dua, traffic light pasir putih, jembatan goyang, dan jembatan PLTU arah ke pintu karnaval.

Kedua, dari arah Penjaringan, dialihkan di perempatan parangtritis belok kanan Kembali ke penjaringan atau kampung bandan arah tamansari. Ketiga, dari arah Gunung Sahari, dialihkan ke kiri ke jalan Manga Dua Raya Jakarta Pusat.

Keempat, dari arah Kemayoran: putar balik di bundaran Kemayoran atau masuk ke tol Kemayoran atau ke Kampung Pademangan Timur. Kelima, dari arah tol: keluar Ancol Barat ditutup dan keluar Ancol Timur ditutup.

Latif menegaskan bahwa pengalihan arus turut disiapkan seandainya situasi dikategorikan merah. Pertama, di keluar Ancol Barat, keluar Kemayoran dan keluar Ancol Timur dari arah. Kedua, dari arah Bandara: diarahkan ke keluar Tol Tanjung Priok-Jalan Yos Sudarso, Jalan Enggano-RE Martadinata atau pos 6 putar balik-masuk di Gerbang Tol Tanjung Priok 2 atau putar balik depan Mapolres masuk Gate Kebon Bawang.

Ketiga, dari arah Cawang/ Tanjung Priok, diarahkan ke keluar Tol Gedongsongo. "Kemudian dan ke Lodan Raya kembali," sebutnya. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat