visitaaponce.com

KPAI Minta Anak yang Melihat Kejadian Bunuh Diri di Rel Kereta Dapat Pendampingan Psikis

KPAI Minta Anak yang Melihat Kejadian Bunuh Diri di Rel Kereta Dapat Pendampingan Psikis
Ilustrasi bunuh diri(Dok. MI)

KOMISIONER Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Diyah Puspitarini meminta agar anak-anak yang sempat melihat kejadian bunuh diri di stasiun Pasar Senen segera mendapatkan pendampingan psikologis.

“Kami sangat mengecam atas kejadian bunuh diri yang terjadi di salah satu stasiun kereta Jakarta dan dilihat langsung oleh sejumlah anak,” ujar Diyah di Jakarta, Senin (10/7).

Berdasarkan amanah Pasal 15 Undang-Undang Perlindungan Anak, anak berhak memperoleh Perlindungan dari pelibatan dalam peristiwa yang mengandung unsur Kekerasan.

Baca juga : Coco Lee Alami Depresi Sebelum Meninggal Dunia

Karena itu, Diyah menuturkan KPAI akan memastikan kondisi anak-anak yang sempat melihat kejadian tragis itu. Ia menyebut KPAI akan memastikan agar anak-anak yang berada di lokasi mendapatkan pendampingan psikis dan penanganan dalam menghilangkan trauma.

“KPAI juga akan mengajak UPT PPA Jakarta dan puskesmas setempat. Sesuai amanah Pasal 59A Undang-Undang Perlindungan Anak, Perlindungan Khusus dilakukan melalui upaya-upaya yang dapat dilakukan stakeholder terkait, yaitu penanganan yang cepat, termasuk pengobatan dan/atau rehabilitasi secara fisik, psikis, dan sosial, serta pencegahan penyakit dan gangguan kesehatan lainnya serta pendampingan psikososial pada saat pengobatan sampai pemulihan,” jelas Diyah.

Baca juga : Ayah Tega Bakar 3 Anggota Keluarganya

“Ke depannya, KPAI mengimbau kepada seluruh pihak dan masyarakat agar dilakukan pengawasan-pengawasan khusus untuk anak-anak di fasilitas transportasi publik,” tutup Diyah.

Sebelumnya, viral sebuah video yang menunjukkan detik-detik seorang laki-laki melakukan aksi bunuh diri di rel kereta api stasiun Pasar Senen belum lama ini. Video tersebut diunggah pada 8 Juli 2023 dilihat sebanyak 5,9 juta kali di Twitter. 

Video berdurasi 30 detik itu awalnya terlihat aman dan santai ketika para remaja meminta masinis mengklakson kereta yang dikemudikan.

Namun, tiba-tiba tanpa aba-aba, seorang pria sebelumnya tersenyum menghadap kamera. Dia langsung menghampiri perlintasan kereta sambil tengkurap di rel. Laki-laki tersebut dipastikan tewas terlindas kereta. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat