visitaaponce.com

Cipto, Tukang Ojek dengan Obesitas 200 Kg Asal Tangerang Meninggal di RSCM

Cipto, Tukang Ojek dengan Obesitas 200 Kg Asal Tangerang Meninggal di RSCM
Penderita obesitas Cipto Raharjo saat pertama kali dievakuasi oleh petugas pemadam kebakaran.(Antara)

CIPTO Raharjo, 45, warga Tirtayasa, Pinang, Kota Tangerang, pria obesitas dengan berbobot 200 kilogram meninggal dunia. Cipto yang sebelumnya bekerja sebagai tukang ojek itu meninggal dunia setelah sempat menjalani perawatan di ruang ICU RSCM, Jakarta.

Kabar wafatnya Cipto dibenarkan oleh kakak kandungnya, Ristanto. Menurut dia, adiknya itu meninggal dunia pukul 03.00 WIB.

"Inalilahi wainalilahi rojiun, Cipto tadi pagi pukul 03.00 WIB meninggal dunia mas," ujarnya, Rabu, (19/7).

Ristanto menuturkan, pihak keluarga tidak akan memakamkan Cipto di wilayah rumahnya di Tirtayasa, Pinang, Kota Tangerang. Namun, lanjutnya, pihaknya akan membawa jenazah ke tanah kelahirannya.

"Cipto mau dimakamkan di Tegal, tempat kelahirannya," katanya.

Baca juga: BPBD Evakuasi Pria Berbobot 200 Kilogram ke RSUD Tangerang

Sebelumnya, Cipto Raharjo, 45, warga Tirtayasa, Pinang, Kota Tangerang pria obesitas dengan berbobot 200 kilogram yang tengah di rawat di RSUD Kota Tangerang sejak 5 Juli 2023. Ia dievakuasi oleh petugas Damkar.

Dari RSUD Kota Tangerang, Cipto dirujuk ke Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta. Cipto dirujuk untuk mendapat perawatan yang lebih intensif.

"Iya siang ini juga akan dirujuk ke RSCM dari RSUD Kota Tangerang. Sekarang lagi persiapan ini, dari alat yang angkutnya pun sudah ada," ujar kakak dari Cipto, Ristanto, di RSUD Kota Tangerang, Selasa, 11 Juli 2023.

Menurut Ristanto, kepindahan adiknya dari ke RSCM lantaran perlengkapan yang dimiliki di RSUD Kota Tangerang tidak ada untuk perlengkapan alat yang memadai untuk mengurus Cipto.

Baca juga: Obesitas Hingga 200 Kilogram, Tukang Ojek di Tangerang Harapkan Bantuan Pemerintah

"Kalau kata tadi ibu dokter bilang, perlengkapannya kurang lengkap makanya dirujuk ke RSCM. Cipto didiagnosa lambung, sedikit penyakit jantung," katanya.

Ristanto menjelaskan, saat ini kondisi Cipto setelah dirawat di RSUD Kota Tangerang ada perubahan dari di rumah. Kaki hingga badannya pun saat ini telah bisa digerakkan.

"Alhamdulillah untuk saat ini sudah mendingan, sudah ada tenaga untuk bergerak. Kaki sudah mendingan, enggak terlalu sakit lagi," jelasnya.

(MGN/Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat