visitaaponce.com

Penambahan Lokasi Parkir Dengan Tarif Disinsentif Belum Menyasar Motor

Penambahan Lokasi Parkir Dengan Tarif Disinsentif Belum Menyasar Motor
Petugas merapikan motor di area parkir pinggir jalan kawasan Kebon Kacang, Tanah Abang, Jakarta.(MI)

PEMPROV DKI Jakarta menambah lokasi parkir yang bakal menerapkan tarif tertinggi atau disinsentif tarif parkir bagi kendaraan yang belum lolos uji emisi di 121 lokasi. Sehingga totalnya ada 131 lokasi parkir yang menerapkan kebijakan ini. Namun, di 121 lokasi parkir tambahan ini baru kendaraan roda empat yang bakal terkena tarif tertinggi apabila belum lolos uji emisi.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, hal tersebut disebabkan pihaknya harus melakukan integrasi data kendaraan roda dua di Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta untuk dapat menerapkan kebijakan ini.

"Tahap awal memang roda empat dulu, sambil roda dua kita konsolidasikan datanya dengan rekan-rekan lingkungan hidup," kata Syafrin di Jakarta, Senin (18/9).

Baca juga: 10 Lokasi Parkir Ini Terapkan Harga Tertinggi, Dimana Saja?

Dalam skema disinsentif ini, kendaraan roda empat yang belum lolos uji emisi akan dikenakan tarif Rp7.500/jam. Sementara untuk kendaraan roda dua dikenakan tarif Rp5.000/jam.

"Kita sudah terintegrasi datanya dengan data e-uji emisi. Otomatis kendaraan yang masuk ke kawasan parkir yang menerap disinsentif parkir itu akan dikenakan tarif tinggi pada saat kendaraan yang bersangkutan belum dilakukan uji emisi," tuturnya.

Baca juga: Resmi Hentikan Proyek ITF, Pemprov DKI Tarik PMD dari Jakpro

Selain sedang melakukan pengintegrasian data, Syafrin menjelaskan, pihaknya juga menunggu masing-masing pengelola parkir untuk selesai melakukan peningkatan 'software'. Sebab, terdapat penambahan indikator yang harus dipasang pada mesin parkir.

"Tidak menggunakan APBN dan APBD. Itu kan tinggal melakukan pemutakhiran alat ya. Itu diserahkan ke operator untuk kemudian diintegrasikan datanya dengan data apakah itu Jakpakrir maupun e-uji emisi," jelas Syafrin.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat