visitaaponce.com

Suhu Panas di Jakarta dan Sekitarnya hingga November 2023

Suhu Panas di Jakarta dan Sekitarnya hingga November 2023
Pejalan kaki mengenakan topi menghindari dari sengatan matahari saat melintasi halte transjakarta di kawasan Sudirman, Jakarta.(MI/Susanto )

BADAN Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi suhu panas sangat menyengat belakangan ini akan terjadi di wilayah Jakarta dan sekitarnya berlangsung cukup lama. Suhu panas di Jakarta dan sekitarnya itu baru berakhir pada November 2023.

"Suhu panas di Jakarta dan sekitarnya diperkirakan berakhir sampai awal musim hujan pada November," kata Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto, di Jakarta, Jumat (29/9)

Guswanto menambahkan, suhu panas yang terjadi di sejumlah wilayah Jakarta dan sekitarnya dipengaruhi beberapa faktor. Salah satunya, pemanasan sinar matahari cukup optimal yang terjadi pada pagi menjelang siang dan siang hari. 

Baca juga: Suhu Rata-Rata RI Sudah Naik 1,1 Derajat Celsius

"Saat ini, posisi semu matahari pada bulan September berada tepat di atas khatulistiwa. Sehingga penerimaan sinar matahari cukup merata di wilayah Indonesia, khususnya di wilayah Jabodetabek," lanjutnya.

Guswanto mengatakan, kondisi cuaca cerah dengan tingkat pertumbuhan awan yang minim turut memicu optimalnya pemanasan sinar matahari. Hal itu pada akhirnya membuat radiasi matahari masuk tanpa adanya halangan.

Baca juga: 79% Wilayah Indonesia Sudah Masuk Musim Kemarau

"Seperti diketahui bahwa pertumbuhan awan dapat menghalangi sinar matahari langsung ke permukaan bumi," kata Guswanto.

Dia menambahkan, suhu udara maksimum di wilayah Indonesia 10 hari terakhir terpantau mencapai 35-37 derajat celsius. Namun demikian, hal itu tidak perlu dikhawatirkan.

"Kondisi ini merupakan hal yang biasa dan normal terjadi pada musim kemarau dan periode peralihan musim," ujar Guswanto.

Karena itulah, pihaknya mengimbau masyarakat untuk banyak minum air ketika suhu panas melanda sehingga dapat mencegah dehidrasi.

"Bila ke luar rumah sebaiknya memakai payung atau sunblock atau tabir surya untuk mencegah kulit terbakar," jelasnya. (Ssr/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat