visitaaponce.com

79 Wilayah Indonesia Sudah Masuk Musim Kemarau

79% Wilayah Indonesia Sudah Masuk Musim Kemarau
Ilustrasi(BMKG)

KOORDINATOR Bidang Analisis Variabilitas Iklim Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Supari mengatakan hingga kini sebanyak 79% wilayah Indonesia masuk musim kemarau dan beberapa sisanya masih terpantau panas.

"Sebanyak 79% wilayah zona musim Indonesia masuk musim kemarau," kata Supari sat dikonfirmasi, Kamis (7/9).

Sebanyak 9 daerah yang masih mengalami kemarau antara lain meliputi sebagian besar Sumatra, Jawa, Bali, NTB, NTT, Kalimantan, Sulawesi, Maluku Utara dan Papua. Peringatan dini kekeringan untuk wilayah Indonesia diklasifikasikan waspada, siaga, dan awas hingga 31 Agustus 2023.

Baca juga : BMKG Sebut El Nino Bakal Berlanjut Sampai 2024, Berdampak pada Polusi Udara

Daerah dengan status waspada antara lain Sumatra Selatan, DKI Jakarta, Bangka Belitung, Jawa Barat, Bali, Jawa Tengah, sebagian besar wilayah Sulawesi, Maluku, dan Maluku Utara.

Adapun daerah dengan titik panas yang berpotensi mengalami kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di beberapa wilayah Sumatra Selatan dan sebagian besar wilayah Kalimantan.

Baca juga : Volume Waduk Jatiluhur Menyusut

"Daerah berpotensi karhutla terutama Sumatra bagian Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Timur. Sementara untuk informasi masuknya musim hujan akan di sampaikan besok," ujar dia.

Diketahui penyebab panjangnya musim panas ini karena El Nino yang berdampak pada berkurangnya curah hujan yang diperkirakan hingga Oktober. Sehingga BMKG mengingatkan agar kewaspadaan terus ditingkatkan hingga bulan depan. (Z-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat