visitaaponce.com

Kandang Peternakan di Depok Terbakar, Ribuan Ayam Terpanggang

Kandang Peternakan di Depok Terbakar, Ribuan Ayam Terpanggang
Ilustrasi.(Dok MI.)

SEKURANGNYA 10 ribu ayam terbakar dan menjadi abu. Ini terjadi setelah kebakaran melanda kandang peternakan di Jalan Haji Suhaemi RT 003 RW 03 Kelurahan Duren Mekar, Kecamatan Bojongsari, Depok.

Kepala Bidang Pengendalian Operasional Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Depok Deni Romulo Hutauruk mengatakan luas kandang ayam yang kebakaran satu hektare. Sedangkan ayam yang mati terbakar sekitar 10 ribu ekor.

"Sekitar 10 ribu ayam mati terbakar dan hanya menyisakan abu. Sedangkan bangunan kandang hanya menyisakan puing-puing," katanya kepada Media Indonesia, Rabu (11/10).

Baca juga: Sejumlah SMPN di Depok Alami Kekosongan Kepala Sekolah

Ia mengatakan ada beberapa dari ayam yang selamat dari kepungan api. Beberapa ayam itu berterbangan ke permukiman penduduk saat api menjalar.

Deni memperkirakan kerugian pemilik peternakan akibat kebakaran diperkirakan mencapai Rp2 miliar. "Kerugian ditaksir mencapai kurang lebih Rp2 miliar. Rinciannya, kerugian ayam yang hangus terbakar mencapai sekitar Rp500 juta dan kerugian bangunan kandang ayam mencapai Rp1,5 miliar," kata Deni.

Baca juga: DPRD Depok Dorong Pemkot Bangun Infrastruktur Atasi Kekeringan

Dikatakannya kebakaran disebabkan korsleting listrik. Namun, kata dia, dugaan awal kejadian itu bermula dari aktivitas membakar sampah yang akhirnya merembet ke kandang ayam.

Tiga unit Ranger Komando (pemadam kebakaran) berisi 4.500 liter air dan sembilan personel menggunakan peralatan sarung tangan, sepatu boots, helm, APD, headlamp dan ganggo, diterjunkan ke lokasi untuk melakukan pemadaman. "Pemadaman membutuhkan waktu beberapa jam untuk memastikan api benar-benar padam," ucapnya.

Kandang ayam di Jalan Haji Suhaemi RT 003 RW 03 Kelurahan Duren Mekar, Kecamatan Bojongsari, Kota Depok terjadi Selasa malam (10/10) pukul 20.30 WIB. "Api padam pukul 23.30," ucap Deni.

Pantauan Media Indonesia, Rabu (11/10) pagi di lokasi, kepulan asap tampak masih mencemari area kandang ayam. Meski kobaran api tidak sudah padam, tempat kejadian masih mengeluarkan asap. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat