visitaaponce.com

Gara-Gara Puntung Rokok, Gudang Kabel di Depok Hangus Terbakar

Gara-Gara Puntung Rokok, Gudang Kabel di Depok Hangus Terbakar
Kebakaran di pabrik kabel, Depok.(Istimewa)

KEBAKARAN melanda gudang di Jalan Jambore Kelurahan Harjamukti, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok, Jawa Barat (Jabar). Sebanyak 10 mobil pemadam kebakaran dan 30 personel pemadam dikerahkan untuk melakukan pemadaman api.

Kepala Bidang Operasional dan Pengendalian Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok, Deni Romulo Hutauruk menjelaskan, gudang itu merupakan tempat penyimpanan kabel PT. FMI yang memiliki luas 1.500 meter persegi. 

Deni mengatakan, pihaknya memperoleh laporan dari warga. "Api kemudian berhasil dipadamkan," ujar Deni saat dihubungi, Minggu (15/10).

Baca juga : Kandang Peternakan di Depok Terbakar, Ribuan Ayam Terpanggang

Beruntungnya, dalam kejadian itu tak menelan korban jiwa. Deni mengatakan, penyebab kebakaran akibat puntung rokok.

"Ada beberapa orang di area tersebut sedang mengopi sambil merokok. Tanpa disadari puntung rokok yang masih menyala menyambar gudang yang di dalamnya banyak kabel dan bahan yang mudah terbakar, " ujarnya.

Baca juga : Kobaran Api Hanguskan Sembilan Rumah di Padang Bulan Medan

Deni mengatakan, berdasarkan keterangan saksi yang merupakan warga setempat, pada saat terjadi kebakaran ada 3 karyawan yang bekerja di gudang. Api begitu cepat membesar lantaran bahan yang berada di gudang sangat mudah terbakar.

"Awalnya, warga melihat asap api sudah membumbung tinggi di udara, selanjutnya api membesar dan membakar seluruh isi dan bangunan gudang, karena isi gudang sebagian adalah material yang mudah terbakar," ucap Deni.

Deni melanjutkan, warga langsung menghubungi petugas pemadam kebakaran. Hingga saat ini, pihaknya masih menyelidiki kerugian yang diakibatkan kebakaran tersebut.

"Untuk korban jiwa tidak ada. Sedangkan kerugian meteril belum dapat diperkirakan, masih kita tangani," jelas Deni.

Kasi Penyelamatan Kebakaran Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok, Tessy Haryati mengatakan selain gudang kabel api juga menghanguskan satu rumah yang dihuni sembilan orang yang tinggal di rumah tersebut selamat.

"Satu rumah terbakar namun kami berhasil memblokir api yang berdekatan dengan sekolah," ujar Tessy.

Tessy menjelaskan, gudang kabel yang terbakar itu merupakan milik PT FMI. Saat kejadian, tiga orang sedang bekerja di gudang yang terbuka tanpa bangunan itu. "Ada tiga orang pekerja yang sedang mobilisasi di gudang itu," tutur Tessy.

Tessy mengungkapkan, pihaknya mengalami kesulitan saat memadamkan api di lokasi gudang yang terbakar.

Menurutnya, kabel yang terbakar terbuat dari bahan fiber optik sehingga tidak mudah dipadamkan.

"Kabel yang terbakar meleleh dan ngumpul di bagian bawah sehingga memicu api menyala kembali, walaupun kami sudah urai menggunakan ganco tapi tidak bisa," ungkap Tessy (Z-4)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat