visitaaponce.com

Kasus Terus Bertambah, Dinkes DKI Siapkan Sarana Tes PCR Cacar Monyet

Kasus Terus Bertambah, Dinkes DKI Siapkan Sarana Tes PCR Cacar Monyet
Ilustrasi petugas kesehatan mengambil sampel tes PCR.(Antara)

DINAS Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta mempersiapkan sarana dan prasarana Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) DKI Jakarta agar dapat melakukan pemeriksaan terhadap sampel tes PCR kasus cacar monyet (Mpox). Pelaksana Tugas Kepala Dinkes DKI Jakarta Ani Ruspitawati mengatakan hal itu di Balai Kota DKI hari ini.

"Labkesda sedang mempersiapkan," kata Ani, Jumat (3/11).

Baca juga: 27 Orang Tertular Cacar Monyet dari Hubungan Seksual

Menurut dia, Labkesda DKI disiapkan agar bisa melakukan pemeriksaan sampel tes PCR cacar monyet karena kasusnya yang terus bertambah. Meskipun sudah ditemukan di daerah lain, DKI Jakarta menempati urutan pertama jumlah kasus cacar monyet dengan total 27 kasus di mana satu diantaranya sudah sembuh. Sehingga masih ada 26 kasus aktif.

Ia pun mengatakan, hingga hari ini pemeriksaan sampel tes PCR suspek cacar monyet baru bisa diperiksa oleh laboratorium di bawah Kementerian Kesehatan. Di sisi lain, Ani memastikan seluruh RSUD di DKI Jakarta mampu melakukan perawatan dan isolasi kepada pasien cacar monyet.

Baca juga: Rumah Sakit di Jawa Barat Siap Merawat Pasien Cacar Monyet

"Seluruh 31 RSUD kita mampu melakukan perawatan dan isolasi untuk penderita Mpox. Untuk deteksi awal yang akses puskesmas. Semua puskesmas mampu diagnosa suspek terkait Mpox," tandasnya.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat