visitaaponce.com

Siap-Siap, Puluhan Kamera E-TLE Baru Beroperasi Tahun Depan

Siap-Siap, Puluhan Kamera E-TLE Baru Beroperasi Tahun Depan
Perangkat kamera tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) terpasang di kawasan Thamrin, Jakarta.(MI/Susanto)

POLDA Metro Jaya bersama Pemprov DKI Jakarta mulai memasang pengadaan 70 E-TLE (Electronic Traffic Law Enforcement) tambahan di beberapa ruas jalan Jakarta. Pemasangan E-TLE direncanakan akan rampung pada akhir tahun.

"Yang 70 (kamera E-TLE). Sudah mulai dipasang. Desember ini udah selesai semua," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman kepada wartawan, Senin (13/11).

Kendati begitu, Latif belum merinci titik mana saja yang sudah terpasang E-TLE. Direncanakan, pengadaan E-TLE tambahan tersebut akan bisa dioperasionalkan pada Januari 2024 mendatang.

Baca juga : 2.402 Pengendara di Jakarta Ditilang selama Operasi Zebra 2023

Latif mengatakan E-TLE tambahan tersebut dipasang di beberapa ruas jalan yang sering terjadi pelanggaran, termasuk para pengendara yang lawan arah.

"Memang kan perlu pengadaan jalur itu, banyak pelanggaran yang perlu kita awasi itu. Ke depan kita evaluasi, ya kita maksimalkan E-TLE mobil emang," ujarnya.

Baca juga : Ingin Beli Mobil Bekas? Cek Dulu Status Tilang Elektroniknya

Sebelumnya, Polda Metro Jaya berencana menambah kamera tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (E-TLE) di Jakarta sebanyak 70 titik. Untuk titik lokasinya, saat ini Polda Metro masih melakukan kajian.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman mengatakan bahwa saat ini jumlah kendaraan di Jakarta sudah mencapai 22,4 juta. Dengan panjang ruas jalan 7.800 kilometer, maka dikhawatirkan terjadi penumpukan di sejumlah ruas jalan Ibu Kota.

“Karenanya penerapan E-TLE sangat tepat. Kami bersama Dishub akan berupaya semaksimal mungkin untuk memberikan keamanan dan kenyamanan bagi pengguna jalan,” ungkap Latif, Kamis (26/1).

Sementara Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo mengatakan ada beberapa manfaat menggunakan E-TLE untuk penilangan. Salah satunya adalah memudahkan pendataan kepemilikan kendaraan bermotor agar semakin akurat di Jakarta.

Menurut dia, E-TLE ini juga sangat efisien untuk pengawasan di lapangan. Lalu manfaat lainnya adalah bisa meminimalisir paparan polusi terhadap petugas, serta menumbuhkan ketaatan pengguna jalan.

“Dengan cara itu, masyarakat juga terdorong untuk beralih menggunakan kendaraan umum,” jelas Syafrin. (Z-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat